> >

Ternyata Air Rebusan 3 Daun ini Efektif Meredakan Asam Lambung! Apa Saja?

Kesehatan | 18 Oktober 2023, 06:55 WIB
Rebusan daun kemangi untuk redakan asam lambung. (Sumber: Tribunnews.com)

JAKARTA, KOMPAS TV - Asam lambung naik bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena ada cara alami yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air rebusan dari beberapa jenis daun tertentu.

Dikutip dari cewekbanget.grid.id, berikut ini adalah tiga jenis daun yang dapat kamu rebus untuk meredakan asam lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaanmu.

1. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih adalah bahan alami yang telah lama dikenal karena berbagai khasiatnya. Salah satu alasan utama adalah sifat antibakteri yang dimilikinya, yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri berbahaya.

Daun sirih dapat membantu mengurangi nyeri lambung dan meringankan gejala GERD atau penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan daun sirih dapat meningkatkan produksi lendir di usus dan lambung yang membantu mencegah kerusakan.

Tidak sampai disitu, daun sirih juga dapat melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya, menetralkan pH atau tingkat keasaman asam lambung, meredakan gejala maag, asam lambung naik, dan perut kembung.

Baca Juga: Cek Manfaat Air Rebusan Daun Sirih, Obat Alami Batuk Berdahak, Ini Cara Membuatnya

2. Air Rebusan Daun Kelor

Daun kelor sering digunakan sebagai obat alami untuk masalah pencernaan, termasuk asam lambung.

Daun kelor mengandung banyak tanin dan flavonoid, yang merupakan antioksidan nabati yang efektif dalam mengatasi peradangan dan iritasi serta masalah terkait maag.

Selain membantu dengan asam lambung, daun kelor juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penulis : Almarani Anantar Editor : Vyara-Lestari

Sumber : cewekbanget.grid.id


TERBARU