> >

Jaga Kesehatan saat Iduladha, Ahli Gizi Sarankan Makan Buah Ini Sebelum Santap Daging Kurban

Kesehatan | 29 Juni 2023, 14:03 WIB
Buah jeruk, apel, dan pir yang dianjurkan oleh ahli gizi IPB untuk dikonsumsi sebelum menyantap daging kurban Iduladha 2023. (Sumber: pxhere)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ahli gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan, menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi buah segar sebelum menyantap daging kurban Iduladha demi menjaga kesehatan.

Menurut Guru Besar bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya itu, mengonsumsi buah sebelum makan daging dapat membantu menyeimbangkan kandungan lemak yang tinggi dari olahan daging kurban, terutama bagi penderita kolesterol, penyakit jantung, dan hipertensi.

Prof Ali pun menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi beberapa jenis buah, misalnya apel, pir, dan jeruk.

Meski sederhana, kata dia, buah-buahan itu mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh.

“Buah-buah tersebut awet dan mudah disimpan, juga sangat baik untuk tubuh," kata Ali, Kamis (29/6/2023).

Buah dapat menekan asupan kalori dari makanan lebaran yang biasanya dikonsumsi pagi-siang-malam dan berhari-hari,” ujarnya.

Baca Juga: Apa Itu Hari Tasyrik Usai Iduladha? Berikut Penjelasan Waktu dan Amalannya

Ia menambahkan, konsumsi satu buah apel setiap hari dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15 persen. Bahkan buah itu mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang karena memiliki kandungan serat tinggi.

Selain dapat menyeimbangkan kesehatan, lanjut dia, mengonsumsi buah sebelum makan berat dapat membuat perut merasa lebih kenyang. 

Perasaan kenyang tersebut dapat membuat seseorang tidak menyantap hidangan khas lebaran seperti gulai, opor, rendang, dan lain-lain secara berlebihan.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU