> >

Kim Jong-un Tak Ragu Gunakan Senjata Nuklir jika Musuh Menyerang

Kompas dunia | 8 Oktober 2024, 20:05 WIB
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tengah mengunjungi unit pasukan operasi khusus di distrik barat Korea Utara pada hari Rabu, 2 Oktober 2024. (Sumber: AP Photo)

PYONGYANG, KOMPAS.TV Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, kembali melontarkan ancaman keras terhadap negara-negara yang dianggap sebagai musuh. Ia menegaskan bahwa Korea Utara tidak akan ragu menggunakan kekuatan militer, termasuk senjata nuklir, jika ada negara yang mencoba menyerang mereka.

Pernyataan tersebut disampaikan Kim Jong-un saat kunjungannya ke Universitas Pertahanan Nasional Kim Jong-un pada Senin (7/10/2024), seperti dilaporkan Kantor Berita Pusat Korea KCNA.

Ancaman tersebut dilontarkan di tengah pertemuan penting parlemen Korea Utara yang diperkirakan bertujuan merevisi konstitusi. 

Revisi ini diyakini akan memperkuat posisi Korea Utara dalam melihat Korea Selatan sebagai "musuh utama".

"Seluruh kekuatan militer akan digunakan tanpa ragu jika musuh mencoba menggunakan kekuatan terhadap negara kita, dan penggunaan senjata nuklir tidak dikecualikan," kata Kim dalam pidatonya dikutip dari Yonhap.

Kim juga menambahkan bahwa perubahan konstitusi ini akan memberikan perintah tegas kepada militer Korea Utara untuk merespons segala bentuk provokasi. Namun, ia tidak menjelaskan lebih rinci mengenai tindakan yang akan diambil.

Pernyataan Kim muncul tak lama setelah Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol memperingatkan Korea Utara bahwa rezim mereka akan berakhir jika berani menggunakan senjata nuklir. 

Yoon menegaskan, aliansi Korea Selatan dengan Amerika Serikat akan memberikan respons "tegas dan luar biasa" terhadap ancaman dari Korea Utara.

Menanggapi pernyataan Yoon, Kim Jong-un mengecam pemimpin Korea Selatan itu sebagai "orang abnormal". 

Baca Juga: Kim Jong-Un Hina Presiden Korea Selatan Pria Abnormal karena Tantang Negara Nuklir Korea Utara

Ia mengkritik Yoon yang berbicara soal tindakan militer terhadap Korea Utara, sebuah negara yang sudah memiliki senjata nuklir.

Kim menegaskan, Korea Utara akan mempercepat upaya untuk menjadi kekuatan militer dan nuklir yang lebih kuat. 

Langkah ini dilakukan untuk memperkuat pencegahan nuklir Korea Utara di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

"Saat aliansi Korea Selatan dan Amerika Serikat telah berubah sepenuhnya menjadi aliansi nuklir, postur tanggapan nuklir negara kita harus disempurnakan hingga tidak memiliki batasan apa pun," ujar Kim.

Pada bulan lalu, Korea Utara secara terbuka mengungkapkan fasilitas pengayaan uranium rahasia. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Yonhap


TERBARU