> >

Argentina Rusuh Usai Upaya Pemotongan Anggaran Negara oleh Presiden Javier Milei, Bak Medan Perang

Kompas dunia | 13 Juni 2024, 11:55 WIB
Kerusuhan terjadi di Argentina setelah demonstrasi menolong pemotongan anggaran negara terjadi di depan Gedung Kongres, Rabu (12/6/2024). (Sumber: AP Photo/Gustavo Garello)

BUENOS AIRES, KOMPAS.TV - Kerusuhan terjadi di Argentina setelah presiden sayap kanan negara itu, Javier Milei, berupaya melakukan reformasi pemotongan anggaran negara.

Polisi huru-hara Argentina di Buenos Aires menembakkan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan demonstrasi di luar Gedung Kongres.

Anggota kongres Argentina tengah berdebat terkait kebijakan pemotongan anggaran tersebut melalui rancangan undang-undang yang diajukan Milei.

Baca Juga: Hizbullah Luncurkan 215 Roket ke Israel, Balasan Atas Kematian Komandannya

Para demonstran yang menyatakan langkah tersebut akan melukai jutaan rakyat Argentina, melemparkan batu dan bom molotov. Karena aksi mereka, membuat satu mobil terbakar.

Dikutip dari BBC Internasional, kerusuhan yang terjadi pada Rabu (12/6/2024) itu digambarkan oleh media lokal sebagai medan perang. Beberapa orang pun dilaporkan cedera karena kerusuhan tersebut.

Paket reformasi anggaran tersebut diajukan oleh Milei untuk menghidupkan lagi perekonomian negara yang lesu. 

Itu termasuk menyatakan keadaan darurat ekonomi, memotong dana pensiun, dan melemahkan hak-hak buruh. Langkah itu pun ditentang oleh partai politik sayap kiri, serikat buruh dan organisasi sosial.

Perkelahian terjadi ketika pengunjuk rasa menocba menuju Gedung Kongres melalui pagar, dan para pengunjuk rasa melemparkan batu ke petugas yang menyemperotkan merica ke mereka.

Pengamat dan anggota parlemen oposisi mengatakan puluhan demonstran dan segelintir anggota parlemen mendapatkan perawatan medis.

Penulis : Haryo Jati Editor : Tito-Dirhantoro

Sumber : BBC Internasional/Associated Press


TERBARU