> >

Ucapan Megawati Disorot Media China, Yakin Indonesia Bisa Susul Program Nuklir Korea Utara

Kompas dunia | 15 Juni 2023, 15:02 WIB
Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri (tengah), Kepala BRIN Tri Handoko (kanan), Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno (kiri) dalam konferensi pers penandatanganan nota kesepahaman (MoU) BRIN dan TVRI di Gedung TVRI di Jakarta Pusat, Senin (12/6/2023). (Sumber: Narda Sinambela/Antara)

BEIJING, KOMPAS.TV - Media China menyoroti ucapan mantan Presiden Indonesia, Megawati Soekarnoputri yang yakin program nuklir Indonesia mampu susul Korea Utara.

Megawati yang merupakan pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan, tidak ada kata terlambat bagi Indonesia untuk memanfaatkan energi atom.

Media China, South China Morning Post mengungkapkan pernyataan Megawati tersebut dalam laporannya yang diterbitkan, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga: Pembelot Korea Utara Nilai Peluang Kim Ju-Ae Jadi Penerus Kim Jong-Un Sangat Kecil, Ini Alasannya

Laporan itu mengutip pernyataan yang dibuat oleh Megawati di Gedung TVRI, Senin (12/6/2023).

Pada pernyataannya, Megawati menginginkan agar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk kembali mendesain dan mengembangkan reaktor nuklir.

Megawati mengungkapkan, Indonesia bisa mengejar negara nuklir sepertri Korea Utara yang menurutnya mampu mengembangkan teknologi nuklir meski didera sanksi ekonomi oleh PBB.

“Jika kita bisa membangun teknologi, itu masih belum terlambat. Kita bisa menyusul negara yang memiliki program nuklir,” tuturnya.

Ia menambahkan, kemampun finansial terbatas tak menghalangi Indonesia untuk mengembangkan nuklir.

“Bagaimana negara seperti Korea Utara membangun program nuklirnya? Saya yakin, masalahnya adalah sumber daya manusia,” ujarnya.

Penulis : Haryo Jati Editor : Deni-Muliya

Sumber : South China Morning Post


TERBARU