> >

Gugus Kapal Induk Tercanggih AS ke Laut China Selatan di Tengah Kisruh Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Kompas dunia | 28 Juli 2022, 15:39 WIB
Laut China Selatan diperkirakan akan semakin memanas. Gugus tempur armada ke 7 Amerika Serikat  dipimpin kapal induk paling canggih USS Ronald Reagan yang bertenaga nuklir dari kelas Nimitz, berlayar mengarah ke perairan yang disengketakan setelah kunjungan pelabuhan selama lima hari ke Singapura (Sumber: US Pacific Command)

SINGAPURA, KOMPAS.TV - Laut China Selatan diperkirakan akan semakin memanas. Gugus tempur armada ke 7 Amerika Serikat  dipimpin kapal induk paling canggih USS Ronald Reagan yang bertenaga nuklir dari kelas Nimitz, berlayar menuju perairan yang disengketakan setelah kunjungan pelabuhan selama lima hari ke Singapura, meninggalkan Pangkalan Angkatan Laut Changihari Selasa (26/7/2022), seperti laporan Bloomberg, Kamis (28/7/2022)

Perjalanan itu menyusul pernyataan minggu ini oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian bahwa Beijing "sangat siap" memberi tanggapan keras atas rencana kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan.

Bagi China, Taiwan adalah pulau berpemerintahan sendiri yang dianggap China sebagai provinsi pemberontak, yang akan dipersatukan kembali secara paksa jika perlu.

Sementara Armada ke-7 menolak untuk mengatakan ke mana kapal induk itu menuju setelah perjalanan pertamanya ke Singapura sejak 2019, armada itu melakukan operasi keamanan maritim di Laut Cina Selatan sebelum kedatangannya.

Sebelumnya, armada ke-7 melakukan patroli musim semi tahunan dari Yokosuka, Jepang, tempat gugus tempur bermarkas.

Patroli itu termasuk operasi penerbangan dengan pesawat sayap tetap dan baling-baling, latihan serangan maritim dan pelatihan taktis terkoordinasi antara unit permukaan dan udara.

"USS Ronald Reagan dan gugus tempurnya beroperasi di Laut Cina Selatan setelah kunjungan pelabuhan yang sukses ke Singapura," kata Komandan Hayley Sims, seorang pejabat urusan masyarakat untuk Armada ke-7 AS yang berbasis di Jepang.

Baca Juga: China Peringatkan Negara Kuat Lain: Laut China Selatan Bukan Taman Safari dan Arena Pertempuran

F-18 Super Hornet di atas kapal induk USS Ronald Reagan. Laut China Selatan diperkirakan akan semakin memanas. Gugus tempur armada ke 7 Amerika Serikat  dipimpin kapal induk paling canggih USS Ronald Reagan yang bertenaga nuklir dari kelas Nimitz, berlayar menuju perairan yang disengketakan setelah kunjungan pelabuhan selama lima hari ke Singapura. (Sumber: Straits Times)

"Saya akan menambahkan bahwa USS Reagan melanjutkan operasi normal dan terjadwal sebagai bagian dari patroli rutinnya untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

China meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan untuk menandakan ketidaksenangannya dengan kunjungan profil tinggi di masa lalu.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Straits Times


TERBARU