> >

Jet Tempur F-15 AS Tiba di Polandia, Pertebal Kekuatan Barat Hadapi Krisis Rusia-Ukraina

Kompas dunia | 11 Februari 2022, 01:30 WIB
Jet tempur F-15 Amerika Serikat sedang parkir di Estonia, negara bekas wilayah Uni Soviet. Jet tempur F-15 Amerika Serikat mendarat di pangkalan udara Polandia hari Kamis (10/2/2022), kata menteri pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak (Sumber: Straits Times)

WARSAWA, KOMPAS.TV - Jet tempur F-15 Amerika Serikat mendarat di pangkalan udara Polandia hari Kamis (10/2/2022). Hal ini diungkap Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak seperti dilansir Straits Times, Kamis (10/2/2022). 

Di tengah ketegangan akibat kebuntuan antara Ukraina dan Rusia, NATO meningkatkan kehadiran militernya di sayap timurnya.

Jet-jet tempur itu tiba ketika pasukan Amerika Serikat dan Inggris dikerahkan ke Polandia. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengunjungi negara itu untuk menunjukkan solidaritas.

"Hari ini, jet tempur F-15 AS tiba di Lanud Lask, mendukung sayap timur (NATO), bagian dari misi Polisi Udara wilayah NATO," tulis Mariusz Blaszczak di Twitter.

Menteri pertahanan itu tidak mengatakan berapa banyak F-15 yang mendarat di pangkalan mereka.

Jet F-15 Amerika juga telah dikirim ke kawasan Baltik.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan, Kamis, London bisa mengirim pasukan lebih lanjut untuk membantu mendukung sekutunya di Eropa timur jika diperlukan, setelah mengumumkan pengerahan 350 tentara ke Polandia pada Senin (7/2) kemarin.

Baca Juga: Makin Memanas, Pasukan Infanteri Lintas Udara AS Tiba di Polandia

Peta kawasan Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia, yaitu Belarus dan Ukraina. Di peta tampak wilayah Krimea yang diambil Rusia serta wilayah Donetsk dan Lugansk yang dikuasai separatis pro-Rusia. Jet tempur F-15 Amerika Serikat mendarat di pangkalan udara Polandia hari Kamis (10/2/2022), kata menteri pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak. (Sumber: France24)

Sementara itu, pada Kamis (10/2), Rusia dan Belarusia memulai latihan militer gabungan terbesar mereka dalam beberapa tahun terakhir. Latgab itu diawasi ketat oleh Amerika Serikat dan Eropa.

Ribuan tentara yang didukung oleh tank, pesawat tempur, dan sistem pertahanan rudal S-400 canggih terlibat dalam latihan "Allied Resolve 2022" di Belarus yang berlangsung hingga 20 Februari.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Straits Times


TERBARU