> >

Badak Putih Selatan Tertua di Dunia Asal Afrika Meninggal di Kebun Binatang Italia

Kompas dunia | 12 Oktober 2021, 19:02 WIB
Nonno Toby atau Kakek Toby meninggal pada 6 Oktober 2021. Dia pingsan dalam perjalanan kembali ke kandang, setelah setengah jam, jantungnya berhenti, kata Elisa Livia Pennacchioni juru bicara Parco Natura Viva (Sumber: France24 via AFP/Parco Natura Viva)

ROMA, KOMPAS.TV - Toby, badak putih selatan tertua di dunia, wafat pada usia 54 tahun di sebuah kebun binatang di Italia utara, kata juru bicara kebun binatang tersebut hari Selasa (12/10/2021).

"Nonno Toby" (Kakek Toby) meninggal pada 6 Oktober, kata Elisa Livia Pennacchioni dari Parco Natura Viva, sebuah kebun binatang di dekat kota utara Verona, kepada AFP.

"Dia pingsan di lantai dalam perjalanan kembali ke tempat penampungan pada malam hari, dan setelah sekitar setengah jam, jantungnya berhenti," katanya.

Toby akan dibalsem dan dipajang di museum sains MuSe di Trento, di mana dia akan bergabung dengan Blanco, seekor singa putih dari kebun binatang itu yang mati lima tahun lalu, kata Pennacchioni.

Badak putih biasanya hidup hingga usia 40 tahun saat tinggal di penangkaran, dan hingga 30 tahun saat hidup di alam liar, kata Pennacchioni.

Baca Juga: Bayi Badak Putih Selatan Lahir di Kebun Binatang Florida, Badak Putih Utara Punah

Bayi Badak Putih Selatan yang lahir di Kebun Binatang Tampa di Florida, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (6/6/2021). Foto diambil pada Sabtu (12/6/2021). (Sumber: ZooTampa at Lowry Park via Facebook)

Kematian Toby, menyusul meninggalnya pasangan betinanya Sugar pada tahun 2012, meninggalkan Parco Natura Viva dengan satu badak putih yang tersisa, yaitu Benno, berusia 39 tahun.

Toby adalah badak putih selatan, hanya satu dari lima spesies badak yang tidak dianggap terancam punah, dengan perkiraan populasi sekitar 18.000 ekor, menurut Save the Rhino International.

Namun, hanya ada dua contoh yang tersisa dari subspesies badak putih utara yang tinggal di Kenya, yang diawasi sepanjang waktu oleh penjaga bersenjata, kata kelompok lingkungan itu.

Badak paling terancam punah di dunia adalah Badak Putih Utara yang tersisa hanya dua ekor betina dan secara fungsional sudah berstatus punah.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Straits Times via AFP


TERBARU