> >

Punya Peran Penting, Begini Cara Cek Keaslian Oximeter, Awas Banyak yang Palsu

Tips, trik, dan tutorial | 28 Juli 2021, 06:15 WIB
Tangkapan layar dari tips membedakan antara oximeter asli dan palsu. (Sumber: Twitter)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pandemi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Sejumlah peralatan kesehatan pun dibutuhkan salah satunya Oximeter yang diperlukan untuk mengecek saturasi oksigen darah.

Saking banyak diperlukan, tak sedikit Oximeter palsu beredar di masyarakat. Sehingga membuat masyarakat pun menjadi khawatir terhadap keaslian Oximeter. 

Namun, jangan khawatir, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) memberikan tips cara membedakan Oximeter asli atau palsu. 

Lewat salah satu anggota PERKI yakni Vito A. Damay memberi saran untuk membedakan Oximeter asli dan palsu salah satunya dengan memeriksa di jari berbeda dan pada orang berbeda.

"Di alat saturasi oksigen juga ada pengukur detak jantung, jika detak jantungnya sama milik Anda dan tiga orang lain juga sama maka Anda harus dipertanyakan (keasliannya)," kata dia seperti dikutip dari Antara, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Diuji Dengan Pensil, Benarkah Deteksi Oximeter Palsu?

Vito yang juga seorang Pakar Kesehatan ini juga menyarankan dengan memeriksa apakah detak jantung pada alat bisa berubah ketika seseorang jalan santai atau jalan cepat.

Normalnya, detak jantung akan meningkat ketika seseorang beraktivitas. Semakin cepat seseorang berjalan maka makin meningkat detak jantungnya.

Cara berikutnya, ungkap dia, pastikan Oximeter yang akan dibeli sudah memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan dan belilah alat dari toko terpercaya. Kalaupun membeli secara daring, maka cermati toko yang menjualnya. 

"Jangan beli dari toko jualan abal abal," pesan Vito.

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU