> >

Jokowi ke Alumni LPDP: Meski Gaji di sini Lebih Sedikit, Fasilitas Kurang, Tetap Pulang

Ekonomi dan bisnis | 4 Agustus 2023, 07:52 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam puncak acara LPDP Festival Tahun 2023, di Hall Utama Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (3/8/2023). Ia meminta kepada para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), agar pulang ke tanah air setelah selesai masa studinya. (Sumber: Setkab.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), agar pulang ke tanah air setelah selesai masa studinya. 

Jokowi mengatkan, saat ini negara sangat membutuhkan anak-anak muda yang memiliki pemikiran dan visi ke depan yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Presiden pada puncak acara LPDP Festival Tahun 2023, di Hall Utama Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

“Ilmunya jangan diendapkan untuk diri sendiri. Dan yang paling penting ini saya titip, pulang, pulang, pulang, pulang. Meskipun gaji di sini mungkin lebih rendah sedikit, tetap, pulang. Meskipun mungkin fasilitas enak di negara lain, tetap pulang,” kata Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Jajal LRT Usai Ramai Disebut Salah Desain: Aman dan Nyaman

Ia mengungkapkan, dana yang dialokasikan pemerintah untuk LPDP saat ini meningkat signifikan menjadi Rp139 triliun dari sebelumnya Rp15 triliun di tahun 2015. 

Dana yang berasal dari sovereign wealth fund di sektor pendidikan ini bertujuan untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan berkualitas, yang menjadi kunci memenangkan persaingan dengan negara lain.

“Sejak 2019, saya sudah perintahkan ke Ibu Menteri Keuangan, minimal satu tahun itu 20 (triliun rupiah) harus dimasukkan ke LPDP, 20 (triliun rupiah) masukkan ke LPDP, punya uang banyak masukkan LPDP, karena SDM inilah nanti kita bisa bersaing atau tidak bisa bersaing dengan negara-negara lain,” ujar Jokowi. 

Karena peningkatan dana LPDP itu banyak universitas ternama di dunia yang kini meminta mahasiswa dari RI. 

Baca Juga: Ini 4 Stadion Pilihan FIFA untuk Gelaran Piala Dunia U-17!

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber :


TERBARU