> >

Laka Beruntun Tol Pejagan-Pemalang, Operator Tol dan Jasa Raharja Diminta Cepat Beri Ganti Rugi

Ekonomi dan bisnis | 20 September 2022, 05:41 WIB
Tangkapan layar dari liputan Kompas TV terkait kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Tol Pejangan-Pemalang KM 253, Minggu (18/9/2022). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) meminta PT. Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) untuk mempercepat pemberian ganti rugi, kepada para korban laka beruntun di Tol Pejagan Pemalang.

PPTR merupakan pengelola jalan tol tersebut. Kemen PUPR juga meminta Jasa Raharja segera memberi santunan  kepada para korban sesuai ketentuan yang berlaku.

"Untuk mempercepat penyelesaian penggantian atas kerugian material dan imaterial yang dialami oleh pengguna jalan tol sesuai dengan hak-haknya yang diatur dalam ketentuan dan peraturan perundang-undangan," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadiandalam konferensi pers, Senin (19/9/2022).

Ia menyebut kasus ini agar menjadi pelajaran untuk operator jalan tol lain. Mereka diminta untuk meningkatkan patroli rutin guna menemukan adanya potensi gangguan di sepanjang koridor jalan tol, terhadap pengoperasian dan lalu lintas sesuai dengan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) yang berlaku.

Baca Juga: Laka Beruntun Tol Pejagan-Pemalang Diduga Akibat Asap, YLKI: Operator Harus Tanggung Jawab

"Termasuk bekerja sama secara intensif dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat di sepanjang koridor tol tersebut, tujuannya untuk mengurangi risiko gangguan yang bersumber dari berbagai kegiatan sosial-ekonomi masyarakat yang membahayakan pengguna jalan tol," tutur Hedy.

Pihak Ditjen Bina Marga sendiri akan meningkatkan pengawasan terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), untuk menjamin keselamatan dan keamanan para pengguna jalan tol.

Menurutnya, saat ini pengawasan harus ditingkatkan karena banyak petani baru saja panen.

"Meningkatkan pengawasan ini penting karena sekarang situasi cukup tidak baik untuk jalan tol banyak pembakaran dari petani habis panen dan kita akan memasuki musim hujan," terangnya.

Baca Juga: Direksi dan Komisaris Pertamina Dirombak, Berikut Daftar Terbarunya

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber :


TERBARU