> >

6 Cara Menurunkan Kolesterol yang Tidak Banyak Orang Ketahui!

Advertorial | 25 Oktober 2024, 17:10 WIB
Ilustrasi gejala kolesterol salah satunya pegal-pegal. (Sumber: Shutterstock)

 

KOMPAS.TV – Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, kadar kolesterol yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Meskipun banyak orang sudah familiar dengan cara-cara umum untuk menurunkan kolesterol, seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, ada beberapa cara efektif lainnya yang mungkin belum banyak diketahui.

Dalam artikel ini, kita akan membahas enam cara menurunkan kolesterol yang jarang disadari, tetapi sangat efektif.

Menurut Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Manokwari dengan situs pafimanokwari.org, menjaga kadar kolesterol tetap stabil merupakan langkah penting untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

1. Konsumsi Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, sauerkraut, dan yogurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Dengan mengonsumsi makanan fermentasi secara rutin, tubuh dapat lebih efisien dalam mengelola kadar kolesterol.

2. Tingkatkan Asupan Serat Larut

Serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara mengikat kolesterol di dalam usus dan mencegah penyerapan kembali oleh tubuh.

Makanan seperti oatmeal, kacang-kacangan, apel, dan wortel merupakan sumber serat larut yang sangat baik. Dengan meningkatkan asupan serat larut, kadar kolesterol LDL bisa berkurang hingga 10 persen dalam beberapa minggu.

Penulis : ADV-Pasangiklan.com

Sumber : Kompas TV


TERBARU