Kompas TV advertorial

Jelang Waisak, 40 Bhikkhu Thudong Mulai Lakukan Perjalanan Spiritual ke Candi Borobudur

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 10:07 WIB
jelang-waisak-40-bhikkhu-thudong-mulai-lakukan-perjalanan-spiritual-ke-candi-borobudur
InJourney menyelenggarakan prosesi pelepasan Bhikkhu Thudong pada Selasa, 14 Mei 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. (Sumber: Dok. InJourney)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – InJourney Destination Management (InJourney), salah satu anak usaha PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), menyelenggarakan prosesi pelepasan Bhikkhu Thudong pada Selasa, 14 Mei 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Para Bhikkhu Thudong tersebut akan melakukan perjalanan spiritual menuju Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah jelang perayaan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE. Acara ini merupakan bagian dari komitmen InJourney Group mengembangkan aktivitas spiritual lewat konsep harmonisasi dan nilai kebhinekaan bangsa Indonesia.

Mengusung tema "Enlightened in Harmony", momen #WaisakdiBorobudur diharapkan mendorong pencerahan moral dan spiritual melalui nilai-nilai universal Candi Borobudur. Prosesi di TMII yang dihadiri ribuan masyarakat ini mencerminkan keragaman, saling menghargai, dan toleransi yang menjadi esensi kebhinekaan Indonesia.

Dalam prosesi seremonial, para Bhikkhu Thudong menerima penyerahan simbolis bendera merah putih, bendera majelis Buddha, dan roda Dharma. Prosesi ini diiringi doa dari enam agama di area Promenade TMII, mencerminkan harmonisasi nilai-nilai spiritual dan memperkuat rasa persaudaraan serta kebhinekaan bangsa Indonesia. 

Acara diakhiri prosesi Fang Shen atau pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian abadi serta larung lentera harapan yang dilakukan di Danau Archipelago.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, hadir dan turut menyambut kedatangan dari para Bhikkhu di TMII.

Sandiaga menyampaikan, momentum perayaan Waisak ini menjadi momentum yang sakral terlebih lagi dilakukan di Candi Borobudur yang mana lokasi tersebut telah dilakukan penataan menjadi pariwisata di bidang religi.

“Dengan perayaan Waisak nyatanya dapat mengundang minat wisatawan hingga 300 ribu orang ke Candi Waisak, jumlah ini tentu berpengaruh pada tingkat keterisian penginapan di sekitar Borobudur hingga wilayah Yogyakarta, sehingga dampak ekonomi positif dapat dirasakan dengan wisata religi ini,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo juga turut menyambut kedatangan dari 40 Bhikkhu di Sasana Langen Budoyo, TMII. 

"Selamat datang kepada 40 Bhikkhu dari berbagai negara ASEAN, seperti Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia sendiri yang akan melalukan kegiatan Thudong, di mana Thuddong merupakan kegiatan spiritual untuk jalan kaki menuju Candi Borobudur, tempat prosesi puncak hari raya Waisak 2568 B," ujarnya. 

Baca Juga: Jelang Perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur, InJourney Siapkan Pelayanan Terbaik!

Kartika menjelaskan, Borobudur dikenal sebagai bagian dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang juga menjadi episentrum umat Buddha dalam melakukan ibadah. 

Dikelola oleh InJourney Destination Management, Tiko meyakini pengelolaan Candi Borobudur dapat menjaga keseimbangan sebagai destinasi pariwisata namun memiliki uniqueness tersendiri melalui konsep spiritual destination



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'newrelic.so' (tried: /usr/lib64/php/modules/newrelic.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so: cannot open shared object file: No such file or directory), /usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so (/usr/lib64/php/modules/newrelic.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: