Kompas TV advertorial

Direktorat Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Sajikan Video Musikal Sabda Nusantara

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 11:09 WIB
direktorat-air-minum-ditjen-cipta-karya-kementerian-pupr-sajikan-video-musikal-sabda-nusantara
Demi meningkatkan awareness masyarakat atas program Pamsimas,Kementerian membuat sebuah video musikal berjudul SABDA NUSANTARA. (Sumber: Dok. Kementrian PUPR)
Penulis : Adv Team

 

KOMPAS.TV – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui unit kerja Direktorat Air Minum – Ditjen Cipta Karya memberikan persembahan istimewa di awal tahun dengan membuat sebuah Video Musikal berjudul “SABDA NUSANTARA”.

Video ini menggambarkan kesigapan Kementerian PUPR dalam memberikan solusi aksesibilitas air minum bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia melalui Kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat (KIBM) Pamsimas atau Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat.


Penyanyi Putri Ayu ditunjuk sebagai pemeran utama yang dimanivestasikan sebagai insan PUPR. Video diawali adegan Putri Ayu membuka sebuah buku bertuliskan PAMSIMAS yang membawanya pada sebuah realita kehidupan rukun dan sejahtera di desa.

Kehidupan desa menggambarkan wujud Indonesia yang penuh keberagaman. Suatu hari, bencana berupa kekeringan dan kesulitan air datang. Putri Ayu bekerja sama dengan Insan Pertiwi mengambil sebuah benda pusaka untuk menyelamatkan desa.

Ketika benda pusaka tersebut dipasang, air keluar melimpah hingga memberi kehidupan pada sekitarnya. Hal ini selaras dengan kegiatan Pamsimas yang merupakan kegiatan pemberdayaan yang melibatkan mismarked secara aktif, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan, hingga pengelolaan.

Menteri PUPR Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M. Sc menekankan, pembangunan sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat di perdesaan harus berfokus pada Optimalisasi, Pemeliharaan, Operasi, dan Rehabilitasi (OPOR) demi memastikan keberlanjutannya.

Baca Juga: Pamsimas Targetkan Pembangunan Akses Air Minum 1063 Desa Rampung Tahun 2023

Peran dan fungsi Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KPSPAM) serta para kepala daerah sangat penting dalam pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) terbangun dan menjaga keberlanjutannya melalui pelatihan, pendampingan dan pembinaan, khususnya dalam hal mengelola pembukuan, keuangan, operasional, dan pemeliharaan SPAM.

Menteri Basuki mengatakan bahwa Pamsimas telah berlangsung selama 15 tahun mulai tahun 2008. Hingga saat ini, Pamsimas telah berhasil memberikan kontribusi capaian akses air minum kepada lebih dari 25,9 juta jiwa yang tersebar di 33 provinsi, 408 kabupaten/kota, dan lebih dari 37.000 desa.

Pamsimas meningkatkan kepedulian Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa untuk sektor air minum serta meningkatkan jumlah kabupaten yang mereplikasi Pamsimas dengan dana APBD.

Hal ini tentunya membanggakan, namun masih terdapat desa yang belum mendapatkan Pamsimas, maka Kementerian PUPR mengharapkan kepada Pemerintah Desa dan Kabupaten untuk dapat mereplikasi Pamsimas. 

Baca Juga: Program Pamsimas Bantu Masyarakat Desa Pasirbiru Miliki Akses Air Minum Layak

“Saya minta Pamsimas diutamakan di daerah-daerah yang tidak ada air lalu kita carikan air, bukan kita bikin di daerah yang sudah banyak air. Kepada para pengelola dan kepala daerah tolong bisa memperbanyak kegiatan Pamsimas di daerah yang langka air,” ucap Menteri Basuki.

Video musikal “SABDA NUSANTARA” ini diproduksi pada awal November 2022, dikemas secara apik dengan menggabungkan antara live shoot dan 3D Environment, video musikal ini diharapkan bisa menjadi media sosialisasi untuk meningkatkan awareness atas program Pamsimas yang menjadi aksi dan solusi nyata dalam memberikan kemudahan aksesibilitas air minum pada masyarakat Desa.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x