Kompas TV advertorial

Menelisik Tradisi Unik Natal di Berbagai Negara

Kompas.tv - 25 Desember 2022, 14:57 WIB
menelisik-tradisi-unik-natal-di-berbagai-negara
Dekorasi Floating Christmas Tree, pohon Natal berukuran setinggi 10 meter yang didesain seolah-olah melayang di tengah taman bisa Anda temukan di ASTHA District 8. (Sumber: Dok. KompasTV)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Menjelang akhir Desember tiap tahunnya, suasana dan euforia Natal sudah terasa di berbagai tempat. Waktu berkumpul bersama keluarga, pasangan, maupun sahabat di kala Natal menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak orang.

Banyak tradisi yang umum dilakukan saat Natal. Mulai dari menghias pohon cemara, menyiapkan hidangan tertentu, hingga bertukar hadiah. Bahkan, sejumlah negara memiliki tradisi unik untuk merayakan Natal.

Sejak tahun 70-an, orang Jepang biasa membeli ayam goreng tepung di restoran cepat saji saat malam Natal. Kebiasaan tersebut bermula dari iklan sebuah restoran cepat saji yang menyiratkan masyarakat Amerika makan ayam untuk perayaan Natal.

Di Amerika Serikat dan Kanada, eggnog menjadi salah satu minuman yang populer ditemukan saat Natal. Eggnog terbuat dari telur mentah, susu, krim, gula, kayu manis, dan alkohol.

Baca Juga: Jokowi Ucapkan Selamat Hari Natal 2022: Semoga Kedamaian Memayungi Langkah Kita Semua

Sementara itu, masyarakat Irlandia menyalakan lilin besar berwarna merah di dekat jendela semalaman. Lilin tersebut dianggap sebagai penerang bagi orang yang sedang mencari tempat berteduh.

Kemeriahan Natal di Tiongkok mirip dengan perayaan pesta tahun baru Imlek. Ratusan lampion yang digantung di sepanjang jalan dan rumah membuat perayaan Natal terasa makin semarak.

Bagaimana dengan tradisi Natal di Indonesia? Keragaman budaya Indonesia pun tergambar dari tradisi Natal yang berbeda-beda di sejumlah daerah.

Di Ambon, perayaan Natal biasanya diramaikan dengan sirine kapal dan lonceng gereja yang dibunyikan bersamaan. Lain halnya dengan perayaan Natal di Yogyakarta yang diwarnai pertunjukan wayang kulit bertema kelahiran Yesus Kristus.

Ada juga tradisi barapen atau acara membakar batu untuk memasak daging di Papua sebagai bentuk rasa syukur. Masyarakat Nasrani di Bali biasanya saling mengantarkan bingkisan berupa makanan khas Bali kepada keluarga dan tetangga. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah ngejot.

Bagi Anda yang membutuhkan referensi menghabiskan akhir pekan dalam suasana Natal, cobalah pergi ke Ashta District 8. Pusat perbelanjaan yang bertempat di kawasan perkantoran Sudirman Jakarta ini menyajikan dekorasi Natal unik dalam rangkaian “Heineken® Christmas Experience at ASHTA”.

Anda akan menemukan Floating Christmas Tree, pohon Natal berukuran setinggi 10 meter yang didesain seolah-olah melayang di tengah taman. Dengan warna lampu dominan hijau dan ornamen bintang berwarna merah di bagian puncak, pohon ini begitu mencuri perhatian.

Suasana glow in the dark di dalam Giant Gift Box. (Sumber: Dok. KompasTV)

Tidak jauh dari Floating Christmas Tree, terdapat Giant Gift Box berwarna hijau lengkap dengan pita merah di atasnya. Uniknya lagi, di sisi samping terdapat pintu rahasia untuk masuk ke dalam box. Pengunjung yang ingin masuk harus memindai barcode terlebih dahulu.

Kedua dekorasi tersebut tentu dapat menjadi spot foto yang menarik untuk dipamerkan di media sosial. Pengunjung juga bisa menikmati elemen Natal sambil duduk bersantai menikmati menu yg disajikan.

Setelah masuk, pengunjung akan langsung disambut dengan dekorasi dinding yang menyala dalam gelap. Pengunjung bisa bersantai sambil mendengarkan alunan musik dari DJ ataupun bermain biliar.

Baca Juga: Setelah 2 Tahun, Gereja Katedral Kembali Gelar Misa Natal dengan Kapasitas 100 Persen!

Pada sisi luar Giant Gift Box, pengunjung bisa mengabadikan momen bersama sahabat di spot photobox. Pengunjung pun dapat menukarkan tiga kaleng bekas minuman dengan merchandise menarik. Caranya cukup dengan memindai barcode kaleng ke vending machine di dekat box.

Suasana Natal yang kental di “Heineken® Christmas Experience at ASHTA” akan membuat momen berkumpul bersama orang terkasih Anda menjadi lebih ceria dan hangat. Sejumlah instalasi Natal unik tersebut hanya tersedia sampai 8 Januari 2023 saja, lho. Jangan sampai ketinggalan, ya!




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x