Kompas TV advertorial

Operasi Katarak di KMN EyeCare? Ini Keunggulannya!

Kompas.tv - 20 Desember 2022, 09:30 WIB
operasi-katarak-di-kmn-eyecare-ini-keunggulannya
Ninik L. Karim merupakan salah satu public figure yang mempercayakan operasi katarak di KMN EyeCare (Sumber: Dok. KMN Eyecare)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Katarak adalah salah satu jenis gangguan penglihatan yang paling umum terjadi seiring bertambahnya usia.

Menurut survei yang dilakukan oleh PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) dan Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2014–2016 di 15 propinsi, didapatkan angka kebutaan di Indonesia mencapai 3 persen dan sebagian besar disebabkan oleh katarak yaitu sekitar 81 persen.

Secara umum, katarak disebabkan oleh gangguan pada fungsi lensa mata. Dalam keadaan normal, lensa mata yang terbuat dari protein, bersifat jernih dan transparan.

Namun, seiring bertambahnya usia, protein ini mengeras dan menyebabkan lensa mata menjadi keruh sehingga cahaya yang masuk ke retina menjadi berkurang. Kondisi inilah yang mengakibatkan penglihatan menjadi berkabut dan penderita tidak dapat melihat dengan jelas.

Sampai dengan saat ini, operasi katarak adalah satu-satunya cara untuk dapat menyembuhkan gangguan penglihatan ini. Pelaksanaan operasi katarak hanya dapat dilakukan di rumah sakit tertentu atau klinik mata tepercaya, salah satunya di KMN EyeCare.

KMN EyeCare sudah dikenal masyarakat luas sebagai klinik dan rumah sakit mata yang menerapkan prosedur keamanan operasi berstandar internasional. Metode operasi katarak di KMN EyeCare menggunakan teknologi fakoemulsifikasi.

Baca Juga: Alasan Christine Hakim Mempercayakan KMN EyeCare untuk Operasi Katarak Ibunda

Jadi, lensa yang mengalami katarak dipecah menjadi partikel-partikel kecil terlebih dahulu, kemudian disedot keluar dari mata hingga bersih. Teknologi ini membuat pasien yang menjalani operasi katarak merasa nyaman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Lalu, apa saja keunggulan operasi katarak di KMN EyeCare? Simak penjelasannya berikut ini!

Pemeriksaan Pendahuluan Sebelum Operasi Katarak

Untuk memastikan keamanan operasi, sebelum menjalani operasi katarak di KMN EyeCare setiap pasien harus melakukan serangkaian pemeriksaan komprehensif. Proses pemeriksaan tersebut tentunya didukung oleh teknologi canggih yang sudah tersedia di KMN EyeCare.

Beberapa rangkaian pemeriksaan dan tes yang harus dilakukan oleh pasien diantaranya:

  • Specular Microscope bertujuan untuk menentukan kondisi kesehatan kornea sehingga dapat mengantisipasi risiko komplikasi jangka panjang pasca operasi katarak yang terjadi berkaitan dengan kondisi kornea.
  • Retinometri bertujuan untuk menilai fungsi retina mata. Jika hasilnya kurang dari 100 persen ada kemungkinan bahwa perbaikan penglihatan pascaoperasi katarak tidak akan optimal.
  • OPTOS adalah pemeriksaan yang akan menampilkan foto wide angle untuk menilai kondisi retina pasien. Apabila terdeteksi ada kelainan retina, ada kemungkinan akan dilakukan tindakan sebelum operasi katarak.
  • KMN EyeCare adalah satu-satunya fasilitas kesehatan mata di Indonesia yang menggunakan OPTOS sebagai salah satu “screening” pemeriksaan praoperasi Katarak. Sudah banyak pasien yang terselamatkan berkat alat ini, karena ternyata saat diperiksa sebelum operasi ketahuan kalau retinanya bermasalah.
  • Biometri IOL (Intra Okular Lens) Master bertujuan untuk mengetahui ukuran dan jenis lensa implan yang akan ditanamkan dalam bola mata, untuk menggantikan lensa yang mengalami katarak.
  • IOL Master adalah alat yang paling canggih dan paling akurat dalam mengukur “power” (ukuran) lensa yang akan ditanamkan dalam bola mata.

Semua tahapan tes dan pemeriksaan di atas dapat dilakukan di KMN EyeCare. Hal ini dikarenakan semua alat pemeriksaan dan tes di atas sudah dimiliki oleh KMN EyeCare.

Keterampilan Dokter yang Melakukan Operasi Katarak

Selama menjalani proses operasi, pasien akan ditangani oleh dokter spesialis mata yang berpengalaman dan trampil dalam menangani operasi katarak.

KMN EyeCare memiliki dokter spesialis mata yang lengkap dan sudah terlatih melalui berbagai program fellowship yang intensif, guna memastikan terlaksananya standar pelayanan yang terbaik bagi pasien.

Baca Juga: Alami Katarak, Tiga Public Figure Ini Memilih Operasi di KMN EyeCare

Beberapa dokter spesialis bedah katarak di KMN EyeCare dikenal sebagai dokter spesialis bedah katarak terbaik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Angka komplikasi operasi katarak KMN EyeCare selalu di bawah 2 persen yang lebih baik dari standar internasional.

Mesin Fakoemulsifikasi Buatan Alcon dan Johnson and Johnson dari Amerika




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x