Kompas TV advertorial

Kompetisi CARIpreneur, Bukti #NYATAKANsalingbantu UMKM Indonesia Serukan Kreasi Bisnis Tanpa Batas

Kompas.tv - 16 Desember 2022, 10:30 WIB
kompetisi-caripreneur-bukti-nyatakansalingbantu-umkm-indonesia-serukan-kreasi-bisnis-tanpa-batas
Para Finalis & Juara CARIpreneur pada Awarding Event (15/12/2022) (Sumber: Dok. CARInih)
Penulis : Adv Team

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kompetisi CARIpreneur telah sampai ke puncak acara pada Kamis, 15 Desember 2022. “CARIpreneur” merupakan kompetisi kekinian dengan banyak harapan, salah satunya mendukung percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi UMKM di Indonesia.

Sejak diluncurkan 25 Agustus 2022, CARIpreneur telah merangkul ribuan pendaftar UMKM di Indonesia. Melalui berbagai rangkaian tahapan seleksi, ribuan peserta berjuang dalam semangat menyerukan kreasi bisnisnya.

Para peserta juga menunjukkan bagaimana mereka mengoptimalkan teknologi dalam pengelolaan usahanya, mendapatkan kemudahan akses, perluasan jangkauan, informasi edukasi, komunitas, dan pemasaran melalui ajang kompetisi ini.

PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI) merupakan perusahaan berbasis teknologi yang membentuk ekosistem terintegrasi berlandaskan kolaborasi untuk menyediakan solusi bagi pelaku usaha khususnya UMKM dalam menjalankan usahanya baik secara offline, online, maupun online multikanal (omnichannel).

PT DKI mendukung pelaku usaha melalui banyak kemudahan akses, seperti pembayaran, pengiriman, inklusi keuangan, permodalan, hingga pemantauan kinerja dimanapun dan kapanpun melalui satu aplikasi CARInih.

PT DKI bersama SMESCO Indonesia dan para partner ekosistem terus bergerak aktif mendukung para peserta CARIpreneur selama periode pelaksanaan kompetisi.

Peserta CARIpreneur dibekali berbagai sesi literasi tentang pengoptimalan teknologi dalam menjalankan usaha oleh para partner ekosistem, yaitu Smesco Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia dan Paxel Indonesia.

Baca Juga: Percepat Penetrasi Digital UMKM Indonesia, CARInih Gandeng Komunitas UMKM dan Luncurkan CARIkurir

Literasi yang diberikan antara lain manfaat perizinan usaha, tips pengelolaan keuangan – bagaimana mengatur keuangan usaha dan pribadi, tips membuat konten pemasaran yang menarik, serta tips-tips pengiriman produk aman dan efisien. 

Founder dan CEO PT DKI Tan Leny Yonathan (“Leny Tan”) memaparkan, antusiasme para Sahabat UMKM dan peserta CARIpreneur sangat luar biasa. Tidak hanya menghadiri dan mendengarkan setiap sharing yang diberikan, tapi langsung diimplementasikan dan dibuktikan.

Leny Tan menambahkan, CARIpreneur merupakan suatu ajang perwujudan #NYATAKANsalingbantu, kekuatan kolaborasi antar partner ekosistem dalam mendukung sahabat UMKM, pejuang local brand sangat terasa.

"Saya mewakili keluarga besar CARInih, menyatakan salut untuk Sahabat UMKM, partner ekosistem dan semua pihak yang terlibat, termasuk kepada Menteri Koperasi dan UKM RI, Bapak Teten Masduki yang turut memberikan kata sambutan melalui video pada acara pengumuman pemenang CARIpreneur hari ini," tutur Leny Tan.

Dalam sambutannya, Menkop UMKM memberikan selamat kepada para pemenang. Menkop UMK mendukung bahwa produk, proses bisnis, hingga pemanfaatan teknologi dan transformasi digital merupakan faktor penting bagi UMKM tidak hanya bangkit dari dampak pandemik tapi juga berdaya saing baik nasional maupun global.

"CARInih akan terus berpegangan tangan dengan partner ekosistem dalam menghadirkan solusi inovasi nan kreatif untuk Sahabat UMKM,” ujar Leny Tan dengan bersemangat. 

Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata menjelaskan, proyeksi ekonomi digital Indonesia hingga tahun 2030 sebesar Rp4.531 triliun, sedangkan per November 2022, sudah sebanyak 20,24 juta UMKM onboarding artinya sudah hampir 30 persen total pelaku UMKM di Indonesia sudah onboarding digital.

"Kolaborasi SMESCO Indonesia dengan PT Dasa Karya Indonesia merupakan upaya nyata pemerintah membangun transformasi digital UMKM di Indonesia dengan target capaian 30 juta UMKM go digital dan 500 koperasi modern berbasis digital pada tahun 2024 sebagai komitmen nyata SMESCO Indonesia khususnya Kementerian Koperasi dan UKM hadir bagi pelaku UMKM,” ujar Leonard.

Kunjungan Co-Founder CARInih (Meilina Chow), Founder & CEO SADA Hybrid Beauty (Cathy Sharon) dan para partner ekosistem CARInih mengunjungi Booth Top 10 CARIpreneur (Sumber: Dok. CARInih)

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi pendukung utama program CARIpreneur. Dengan mengikuti rangkaian program CARIpreneur, UMKM berkesempatan untuk mengikuti berbagai rangkaian program literasi dan memperoleh benefit dari tabungan BNI serta dukungan lainnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x