Kompas TV video vod

BPIP Gelar Diskusi di Malang, Tekankan Pentingnya Pendidikan Berbasis Karakter dan Etika

Kompas.tv - 3 September 2024, 11:14 WIB
Penulis : Shinta Milenia

MALANG, KOMPAS.TV - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar diskusi bersama sejumlah pakar dan tokoh. Dalam diskusi ini, BPIP menilai ada sejumlah permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintahan yang akan datang.

Diskusi dengan tema "Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara dalam Etika Sosial dan Pendidikan" ini digelar di Gedung Rektorat Universitas Negeri Malang pada Senin, (2/9/2024).

Diskusi yang dipimpin oleh anggota Dewan Pengarah BPIP RI, Profesor Muhammad Amin Abdullah, ini dihadiri sejumlah akademisi dan tokoh, di antaranya Mahfud MD, Rektor Universitas Negeri Malang Hariyono, serta budayawan Garin Nugroho.

Profesor Amin Abdullah menjelaskan bahwa diskusi yang digelar tidak hanya terpusat di Jakarta, tetapi juga di daerah seperti Kota Malang saat ini. Hal ini bertujuan untuk mendengar masukan dari para tokoh dan intelektual yang ada di daerah.

Amin Abdullah menyebut bahwa tema pendidikan diambil karena saat ini pendidikan di Indonesia berhadapan dengan kapitalisme dan lebih mengedepankan kompetisi. Sejauh ini, nilai kejujuran dan integritas sudah jarang sekali terdengar.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Malang, Profesor Hariyono, mengatakan bahwa diskusi yang digelar BPIP menjadi menarik karena para tokoh dalam dunia pendidikan yang hadir bisa menyampaikan gagasan dan masukan.

Menurutnya, dunia pendidikan saat ini tidak hanya fokus menghasilkan manusia yang berkompeten dan ahli, tetapi juga memiliki karakter dan berakhlak baik.

Selain di Kota Malang, BPIP juga akan menggelar diskusi di beberapa kota di Indonesia seperti Makassar, Kupang, Ambon, dan Medan.

Hasil diskusi ini akan disampaikan oleh BPIP kepada masyarakat serta penyelenggara negara, khususnya pemerintahan baru yang akan datang.

Baca Juga: Survei Kesehatan Mental Kemenkes: 41 Persen Peserta Pendidikan Dokter Spesialis Alami Gejala Depresi

#pendidikan #malang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x