Kompas TV video vod

Vina: Sebelum 7 Hari Laris, Mengapa Film Horor Diminati Masyarakat Indonesia?

Kompas.tv - 3 Juni 2024, 15:16 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPASTV - Industri perfilman di Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini mulai menunjukkan eksistensinya sebagai media sarana hiburan bagi masyarakat Indonesia. 

Berbagi genre, judul, dan model perfilman yang ditayangkan dalam bioskop-bioskop di Indonesia mulai mendapati pasarnya oleh rakyat Indonesia. 

Salah satu genre film yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia ialah film yang bergenre horor.

Minat masyarakat Indonesia terhadap film horor tidak hanya berhenti di tahun 2022 saja. Di tahun-tahun berikutnya, perfilman yang bergenre horor tetap merajai peringkat film dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia. 

Dalam catatan FILM_Indonesia per 24/04/2024, update IG @filmindonesiaorid, 8 dari 9 film dengan rentang jumlah 1 hingga 2 juta penonton di bioskop Indonesia didominasi oleh film bergenre horor. Ada pula yang terbaru film VINA: Sebelum 7 Hari yang viral.

Selain Karena nilai agama dan kebudayaan yang ada di dalam masyarakat, kebiasaan masyarakat Indonesia menonton film horor juga dapat dijelaskan secara keilmuan atau saintis

Ketika dicermati lebih jauh, sesungguhnya terdapat dua hal yang bertolak belakang pada para pecinta film seram tersebut. Mereka menonton film untuk menghibur diri, tetapi dengan tontonan yang menakutkan. Dengan kata lain dapat diungkapkan sebagai menghibur diri dengan ”penderitaan”, sebab takut adalah kondisi emosi negatif, yang dekat dengan situasi derita.

Film horor menjadi menjadi sarana media hiburan yang paling banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia saat ini. 

Content creator : Fauzan Muhammad Al Hazmi

Motion Grafis: Farhan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x