Kompas TV video sinau

Waspada Microsleep Saat Berkendara, Apa Bahayanya?

Kompas.tv - 5 November 2021, 16:00 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV – Salah satu kondisi yang harus diwaspadai saat berkendara adalah rasa lelah dan mengantuk. Kondisi ini sangat berbahaya, karena pengemudi bisa saja mengalami microsleep.

Microsleep adalah fase tidur singkat kurang dari 30 detik yang terjadi secara tiba-tiba dan menurunkan fokus. Pengemudi sering tak sadar ketika mengalami microsleep, dan terkadang terjadi dengan mata terbuka.

Faktor utama penyebab terjadinya microsleep adalah kurang tidur dan kelelahan. Menurut studi yang dilakukan AAA Foundation pada 2016, kurang tidur 2-3 jam dapat meningkatkan risiko kecelakaan hingga 3 kali lipat.

Tingkat risiko ini bervariasi tergantung jumlah jam tidur yang dipenuhi, atau seberapa lama seseorang mengalami kurang tidur dari waktu tidur rutin setiap harinya.

Baca Juga: Begini Cara Dapatkan Stiker Hologram Bukti Bayar Pajak Kendaraan Agar Bebas Tilang

Dilansir dari Healthline, meski sulit untuk diidentifikasi, ada beberapa gejala dan tanda-tanda terkait microsleep yang perlu diwaspadai bagi pengendara, meliputi:

  • Tidak menanggapi informasi
  • Tatapan kosong, berkedip lambat
  • Menundukkan kepala dan mengalami sentakan tubuh tiba-tiba
  • Tidak dapat mengingat satu atau dua menit terakhir
  • Ketidakmampuan untuk menjaga mata tetap terbuka dan berulang kali menguap

Lalu, bagaimana cara menghindari microsleep saat berkendara?

Sebelum memulai perjalanan, pengendara bisa melakukan power nap atau tidur selama 15-20 menit untuk mengisi energi dan menjaga agar lebih fokus dalam waktu yang lebih lama.

Jika berada dalam perjalanan jarak jauh, Anda bisa mengemudi bergantian dengan teman atau kerabat. Rasa kantuk juga bisa dikurangi dengan mengobrol atau melakukan percakapan dengan orang lain.

Memutar musik dengan tempo yang cepat juga bisa jadi pilihan untuk mengurangi rasa mengantuk. Selain itu, tidak ada salahnya mengonsumsi minuman berkafein untuk membantu tetap terjaga dan tetap waspada sepanjang perjalanan.

(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x