Kompas TV saintek sains

Ada Fenomena Blue Supermoon Besok 30 Agustus 2023, Cek Waktu dan Cara Melihatnya

Kompas.tv - 27 Agustus 2023, 15:10 WIB
ada-fenomena-blue-supermoon-besok-30-agustus-2023-cek-waktu-dan-cara-melihatnya
Ilustrasi fenomena Blue Supermoon yang akan terjadi pada 30 Agustus 2023. (Sumber: Unsplash/Kym Mackinnon)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan adanya fenomena blue supermoon yang akan terjadi pada 30 Agustus 2023.

Staf peneliti Observatorium Bosscha, Agus Triono, menjelaskan bahwa blue supermoon adalah fenomena Bulan purnama. Kata supermoon disematkan karena Bulan tampak lebih besar karena jarak ke Bumi lebih dekat.

“Ukuran tampak Bulan saat supermoon nanti sekitar tujuh persen lebih besar daripada ukuran tampak purnama biasanya,” kata Agus, Sabtu (26/8/2023).

Baca Juga: Mengungkap Fakta Menarik Fenomena Supermoon, Bisa Dilihat di Indonesia Besok!

Cara Melihat Blue Supermoon

Kabar baiknya, masyarakat Indonesia bisa melihat fenomena blue supermoon di berbagai wilayah di Tanah Air. Tak hanya itu, fenomena ini juga bisa dilihat dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu.

Namun, apabila masyarakat ingin melihat detail kawah-kawah di permukaan bulan, ada beberapa alat yang bisa digunakan, seperti kamera, binokular, atau teleskop.

Bagi yang ingin menyaksikan dengan mata telanjang, Agus menyarankan masyarakat untuk mencari tempat yang gelap dan bebas dari polusi cahaya. 

“Sebaiknya gelap. Meskipun, pada dasarnya purnama bisa dilihat dari daerah mana pun asalkan cerah pada saat itu,” jelas dia.


Soal waktu melihat blue supermoon, Agus bilang bahwa fenomena ini bisa dilihat mulai pukul 18.000 hingga pukul 06.00 menurut waktu masing-masing daerah.

Baca Juga: Hari ini Ada Fenomena Supermoon di Indonesia, Bisa Dilihat Jam Berapa?

Masyarakat yang berada di zona waktu WIB bisa menyaksikan blue supermoon mulai pukul 18.06 WIB.

Peristiwa blue supermoon ini merupakan fenomena yang cukup langka. Tak ada dampak yang signifikan pada Bumi, hanya pasang surut air laut yang mungkin terjadi.

“Selebihnya sih tidak ada dampak khusus atau apa,” pungkasnya.

 

 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x