Kompas TV religi agama

Jelang Pulang ke Tanah Air, Jemaah Haji Masih Mengeluh soal Mina: Kita seperti Ikan Pindang

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 19:52 WIB
jelang-pulang-ke-tanah-air-jemaah-haji-masih-mengeluh-soal-mina-kita-seperti-ikan-pindang
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid saat menemui jemaah haji di Arab Saudi. (Sumber: KompasTV/Mustakim)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

MADINAH, KOMPAS.TV - Jemaah haji asal Indonesia masih mengeluhkan soal tenda dan kamar mandi selama di Mina. Menjelang kepulangan ke Tanah Air, jemaah haji Indonesia masih mengeluh soal tenda dan terbatasnya kamar mandi selama di Mina.

Keluhan itu disampaikan saat Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid mengunjungi hotel transit mereka di Madinah. 

Kepada Abdul Wachid yang juga anggota Timwas Haji ini, Siti salah satu jemaah haji asal Kebumen, Jawa Tengah mengeluh soal sempitnya tenda yang mereka tempati selama di Mina. Saking sempitnya, mereka harus tidur berhimpitan seperti 'ikan pindang'.

Baca Juga: 1.797 Haji Embarkasi Solo Tiba di Indonesia, 15 Orang Masih Dirawat di Tanah Suci

“Kasur satu untuk dua orang. Kasur dua untuk tiga orang. Jadi tidurnya kurang nyaman karena desak desakan. Kita seperti ikan pindang. Kamar mandinya juga kurang sehingga harus antre lama kalau mau buang air,” ujar jemaah haji kloter 10 SOC Adisoemarmo ini di Madinah, Arab Saudi, Senin (24/6/2024) seperti dilaporkan jurnalis KompasTV Mustakim.  

Abdul Wachid mengatakan, keluhan warga tersebut akan menjadi masukan tim pengawas haji untuk perbaikan penyelenggaraan haji ke depan. Menurut dia, keluhan jemaah dan temuan timwas akan disampaikan dan didiskusikan, baik di rapat panitia kerja (panja) atau di panitia khusus (pansus) haji.

Baca Juga: Lancar, Pelayanan Keimigrasian Empat Kloter Haji Debarkasi Surabaya

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VIII yang juga Anggota Timwas Haji DPR, Abdul Wachid melakukan sidak di hotel transit jemaah haji di Madinah.

Dia mengecek langsung kondisi hotel dan jemaah dalam sidak tersebut. Anggota DPR asal Fraksi Gerindra ini sempat berbincang dengan sejumlah jemaah haji.

Abdul Wachid ingin memastikan, kondisi hotel transit bagi jemaah haji yang akan pulang melalui Madinah nyaman dan aman bagi jemaah.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x