Kompas TV religi agama

300 Petugas Haji Tambahan Tiba, Punya Tugas Khusus Dampingi Lansia

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 02:00 WIB
300-petugas-haji-tambahan-tiba-punya-tugas-khusus-dampingi-lansia
Ilustrasi petugas haji. Setidaknya 300 petugas haji tambahan tiba di Makkah, Arab Saudi untuk bertugas dengan fokus membantu para jemaah calon haji lansia.(Sumber: Kemenag/Burhanudin)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

MAKKAH, KOMPAS.TV - Sebanyak 300 petugas haji tambahan tiba, dan kini fokus melayani jemaah calon haji lansia. Kementerian Agama (Kemenag) RI menambah jumlah petugas haji karena tantangan haji tahun ini dinilai berat, yakni banyaknya jemaah berusia lanjut usia atau lansia.

Mengutip laporan Imron Fahmi, jurnalis KompasTV yang tengah berada di Makkah, Arab Saudi menyatakan petugas haji tambahan akan difokuskan untuk melayani jemaah haji lansia di sektor khusus Masjidil Haram, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah.

Petugas haji tambahan dijadwalkan tiba dalam tiga gelombang, mulai 28 Mei hingga 6 Juni 2024.

Baca Juga: Nasib 22 Jemaah Asal Banten yang Ditangkap di Arab Saudi karena Tak Memegang Visa Resmi Haji

Jumlah personil tambahan sekitar 300 orang, sehingga jumlah petugas bertambah dari 4.200 menjadi 4.500. Mereka akan ditempatkan di bandara Madinah dan Mekkah.

Dalam laporannya juga dijelaskan bahwa, untuk di Makkah akan difokuskan pada layanan jemaah haji lansia di sektor khusus Masjidil Haram, karena banyak jemaah lansia yang kelelahan, tiba-tiba sakit, terpisah dari rombongan dan tersesat saat melakukan ibadah seperti thawaf dan sa'i.

Seperti diberitakan jumlah jemaah calon haji lansia tahun ini ada 45.000 orang atau sekitar 21 persen dari total jemaah reguler yakni 213.000 orang.

Baca Juga: Jemaah Haji Khusus Patuna Tiba di Madinah Secara Bertahap, Total 27.000 Jemaah Indonesia

Pendampingan dan layanan kepada jemaah calon haji lansia masih menjadi tantangan penyelanggaran haji.

Diharapkan jumlah jemaah lansia yang sakit dan meninggal tidak terus bertambah di hari ke 18 masa kedatangan jemaah calon haji di Tanah Suci. Sejauh ini sudah ada 26 jemaah yang meninggal dunia.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x