Kompas TV religi agama

Petugas Haji Lakukan Skrining Terhadap Kesehatan Lansia Jelang Wukuf

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 23:00 WIB
petugas-haji-lakukan-skrining-terhadap-kesehatan-lansia-jelang-wukuf
Tenaga Kesehatan Haji, gelar skrining jemaah calon haji di Makkah. (Sumber: Tangkapan Layar KOMPASTV)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

MEKKAH, KOMPAS.TV - Tenaga kesehatan haji menskrining kesehatan jemaah calon haji lansia yang memiliki risiko kesehatan tinggi. Skrining dilakukan di masing-masing sektor yang berdekatan dengan hotel jemaah. Skrining digelar untuk menjaring jemaah haji yang tidak bisa melakukan wukuf di arafah secara mandiri.

Mengutip laporan langsung jurnalis KompasTV, Imron Fahim, Skrining atau penapisan diawali di sektor 9 wilayah misfalah Kota Makkah, Arab Saudi pada Rabu pagi (29/5/2024).

Selanjutnya skrining akan dilakukan di sektor lainnya di wilayah Rei Bakhsy, Jarwal, Raudah dan Syisah. Total ada 11 sektor dan 1 sektor khusus.

Skrining kesehatan fokus pada sejumlah penyakit yang paling banyak menjadi penyebab kematian jemaah seperti serangan jantung.

Baca Juga: 432 Calon Haji Kloter 39 Asal Garut Diberangkatkan dari Pendopo Kabupaten

Hasil skrining juga menjadi rekomendasi apakah jemaah dapat wukuf di arafah secara mandiri atau harus di safari wukufkan dengan bantuan petugas.

Penyelenggaraan Safari Wukuf ada dua, pertama Safari Wukuf jemaah sakit yang dilakukan oleh Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Kemudian KKHI dari Kementerian Kesehatan, kedua Safari wukuf jemaah lansia non mandiri, dan difasilitasi oleh bidang layanan lansia dan disabilita.

Tahun ini bidang layanan lansia dan disabilitas mengalokasikan layanan safari wukuf bagi 300 jemaah lansia. Sedangkan, KKHI melakukan dan menyiapkan 152 kuota untuk jemaah sakit.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x