Kompas TV religi beranda islami

Duh, Kebanyakan Siksa Kubur Ternyata karena Kencing Sembarangan, Begini Penjelasannya

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 10:08 WIB
duh-kebanyakan-siksa-kubur-ternyata-karena-kencing-sembarangan-begini-penjelasannya
Ilustrasi buang air kecil atau kencing. Dalam islam ada larangan kencing sembarangan, terkait siksa kubur yang pedih (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dijelaskan tentang salah satu kelompok orang yang kelak terkena siksa kubur. Mereka adalah orang yang ketika di dunia sering buang air kecil atau kencing sembarangan.

Dalam Islam, kebersihan menjadi faktor penting dan dijaga. Untuk itulah, aktivitas seperti kencing mendapatkan begitu banyak perhatian.

Dalam ilmu Fiqih sendiri ada bab khusus terkait ini bernama Thaharah atau bersuci menurut bahasa.  Sedangkan menurut syara atau istilah, Thaharah adalah upaya membersihkan diri, baik pakaian maupun tubuh dari segala jenis hadas dan kotoran sesuai syariat Islam.

Kencing adalah salah satu persoalan yang sering dibahas dalam proses Thaharah ini. Menjadi salah satu hal penting sebelum umat Islam beribadah dan jadi persoalan serius karena terkait dengan kesucian. 

Baca Juga: 3 Macam Mimpi dalam Islam dan Larangan Menceritakannya

Dalil Islam Melarang Kencing Sembarangan

Kenapa seorang mukmin baiknya harus punya adab saat buang air kecil?

Ketika seseorang itu sering kencing sembarangan Nabi memperingatkan, kelak mereka akan mendapatkan siksa kubur. Apalagi, bagi mereka yang menyepelekan terkait kencing ini.

“Kebanyakan sebab siksa kubur adalah karena kencing.” (HR. Ahmad).

Untuk itulah, dalam Islam kebersihan begitu penting. Kencing sembarangan selain perbuatan jorok, juga merupakan perbuatan yang mengundang penyakit bagi diri sendiri.

Hal senada juga dibicarakan Nabi dalam sebuah hadis tentang mereka yang kena laknat akibat suka kencing sembarangan, apalagi di tempat lalu lalang alias jalanan.

Hadis itu diriwayatkan dalam Shahih Muslim tentang dua orang yang kena laknat.

“Waspadalah dengan dua orang yang terkena laknat.” Mereka berkata, “Siapakah yang kena laknat tersebut?” Beliau menjawab, “Orang yang buang hajat di tempat orang lalu lalang atau di tempat mereka bernaung.” (HR. Muslim no. 269).

itulah dalil dan penjelasan kenapa kencing sembarangan dilarang dalam Islam. Masak iya mau mendapatkan siksa neraka?

Maka, jika Anda ingin buang air kecil atau kencing, carilah tempat yang layak atau ketika di perjalanan maka carilah tempat yang sepi dan tidak terlihat. 

Paling tidak, hal-hal seperti ini akan menyelamatkan kelak dan terhindar dari siksa kubur yang mengerikan.

Wallahu a'lam.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x