Kompas TV regional jawa timur

Dinkes Belum Bisa Pastikan Asal Usul Limbah Medis yang Dibuang Sembarangan

Kompas.tv - 24 Oktober 2024, 20:56 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Menurut Kadinkes Kota Malang Husnul Muarif, setelah penemuan limbah medis yang dibuang sembarangan di pinggir jalan, pihak Puskemas Mulyorejo dan DLH sudah mengamankan limbah medis tersebut. Husnul Muarif menjelaskan, seluruh faskes yang telah terakreditasi sudah memiliki tempat penampungan sementara limbah medis.

Menurut Kadinkes Kota Malang, dari observasi sementara, limbah medis yang dibuang pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut berisi spet yang digunakan untuk injeksi obat, selain itu spet juga ditemukan dengan darah di dalamnya, yang berarti penggunaannya bukan saja untuk injeksi obat. Hingga saat ini Dinas Kesehatan Kota Malang masih belum bisa memastikan dari mana limbah medis tersebut berasal.

"Kalo yang kemarin itu secara medis memang untuk memasukkan obat atau injeksi, namun ada beberapa penggunaan bukan selain injeksi," Kata Kadinkes.

Sebelumnya, tumpukan limbah medis ditemukan di pinggir jalan dan meresahkan warga. Limbah medis tersebut berupa jarum suntik yang sudah terpakai, kkapas dengan bercak darah dan beberapa botol kaca.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x