Kompas TV regional berita daerah

Kakak Beradik Dievakuasi Ke RSJ Usai Dikurung Di Bekas Kandang

Kompas.tv - 23 Oktober 2024, 17:23 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Dua kakak beradik bernama Hamdan 36 tahun dan Samsudin 32 tahun, tinggal dibekas kandang kambing selama hampir dua tahun lebih di Kampung Bendungan, Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keduanya mengalami depresi usai pulang sebagai Tenaga Kerja Indonesia di Negara Malaysia beberapa tahun silam. Kondisi gangguan jiwa yang dialami kakak beradik ini yang membuat pihak keluarga memisahkan mereka di tempat yang kurang layak di belakang rumahnya. Pihak keluarga juga sudah berupaya memberikan pengobatan ke Puskesmas, namun keadaaan ekonomi yang membuat kakak beradik ini tidak bisa sembuh dan hanya diberikan obat semampunya.

Menurut keluarga, pihaknya terpaksa mengurung mereka karena khawatir ngamuk dan merusak lingkungan atau bahkan sampai membahayakan warga sekitar. Keduanya ini mengalami gangguan jiwa setelah pulang dari Malaysia sekitar lima tahun yang lalu. HA itu pulang lebih dulu setelah mengalami kecelakaan menabrak sapi sewaktu di Malaysia, sedangkan SA kembali ke kampung halamannya sudah dalam kondisi gangguan mental, meski belum parah.

Sementara Kapolsek Lengkong, IPTU Bayu Suniarti Agustina mengungkapkan, adanya laporan warga terkait kondisi dua kakak beradik ini, pihaknya langsung berinisiasi mengevakuasi untuk mendapat pengobatan yang layak.

Dari pemeriksaan sementara tim medis Puskesmas Pabuaran, kedua pasien ini memang tidak membahayakan dan cenderung diam. Keduanya juga sudah menjalani pengobatan oleh keluarga sejak lama, namun jika konsumsi obat tidak diberikan kedua pasien kakak beradik ini menjadi agresif karena gejala psikotik yang dialami. Kini kedua pasien ini langsung dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Bogor.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi
TikTok : https://www.tiktok.com/@kompastvsukabumi




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x