Kompas TV regional papua maluku

Operasi Jantung Terbuka di RSUD J P Wanane Berhasil dilaksanakan di Papua Barat Daya

Kompas.tv - 16 Oktober 2024, 20:29 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sorong, John Piet Wanane bekerjasama dengan Rumah Sakit RSJP Harapan Kita, dan kementerian kesehatan berhasil melakukan tindakan operasi jantung secara terbuka. Dan disaksikan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Operasi bedah jantung terbuka ini merupakan suatu upaya untuk menekan angka kematian, akibat penyakit jantung di Tanah Papua. Mengingat data Rsud Kabupaten Sorong pada Tahun 2023, jumlah pasien penderita penyakit jantung mengalami peningkatan meningkat.

Menteri kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dalam kunjungannya mengapresiasi pelayanan bedah jantung perdana di Tanah Papua. Menurutnya di Maluku bahkan NTT, belum bisa melaksanakan operasi bedah jantung terbuka,karena semuanya terpusat di Jawa.

Seorang warga (64 tahun) dinyatakan sukses menjalani operasi bedah jantung yang berlangsung selama 5-6 jam. Hingga pasca operasi pasien sudah bisa berkomunikasi, namun masih dalam proses pemulihan.

masyarakat bersyukur saat ini di papua barat daya telah tersedia layanan pengobatan bagi pasien jantung, tanpa harus keluar Papua. Karena jika pengobatan di luar daerah tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar.


Diharapkan peningkatan pelayanan jantung kedepan sudah bisa dilakukan secara mandiri guna menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x