Kompas TV regional papua maluku

Tim Kosa Bangsa Latih Kemampuan Numerasi Disabilitas Sorong Khususnya UMKM dan Komunitas Belajar

Kompas.tv - 15 Oktober 2024, 21:17 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Tim kolaborasi sosial membangun masyarakat atau disebut (KOSA BANGSA) Universitas Pendidikan Muhammadiyah Unimuda Sorong, mensosialisasikan pelatihan keterampilan khusus numerasi bagi penyandang disabilitas tuna rungu di SLB Negeri Kabupaten Sorong.

Pelatihan numerasi yang didampingi oleh tim Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, ini diikuti para pelaku UMKM disabilitas kreatif dan siswa komunitas belajar SLB Sorong.

Dalam pelatihan tersebut, peserta tuna rungu dilatih memiliki kemampuan numerasi. Seperti halnya para pelaku umkm disabilitas dalam melakukan aktivitas jual belinya sehari-hari. Untuk penerapan dan mengoptimalkan numerasi peserta dibantu alat penerjemah simbol-simbol pada matematika.

Ketua tim Kosa Bangsa, Ahmad Yulianto mengatakan, bahwa selain pelatihan numerasi, para peserta tuna rungu juga dilatih meningkatkan well-being, mengelola kesehatan mental.

Sementara itu, koordinator UMKM disabilitas, Pariyem mengatakan adanya pelatihan tersebut dapat membantu dan menunjang teman tunarungu berkomunikasi, dalam melakukan jual beli atau mempromosikan produknya.

Kedepannya program ini tidak hanya disabilitas tuna rungu, namun juga kepada disabilitas yang lain. Serta terus melakukan pendampingan kepada umkm disabilitas kreatif dalam manajemen, branding, dan pemasaran.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x