Kompas TV regional kalimantan

Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Karimun Jawa, 3 ABK Belum Ditemukan

Kompas.tv - 14 Oktober 2024, 21:15 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV -  Sebanyak 10 ABK dan satu kapten KM Sabar Subur berhasil dievakuasi dengan selamat, setelah kapal yang mereka gunakan untuk mencari ikan tenggelam di perairan Karimun Jawa.

Mereka tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dan langsung mendapatkan penanganan medis pada minggu malam (13/10/2024).

Baca Juga: Pasca OTT Kadis PUPR, KPK Juga Geledah Ruang Kerja Gubernur Kalsel dan Bawa Koper Hitam

Tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sebanyak 10  abk dan satu kapten kapal berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat pasca  Kapal Motor Sabar Subur yang ditumpangi tenggelam di perairan Karimun Jawa.

Diangkut menggunakan kapal ferry KM Satya Kencana III dengan pengawalan TNI Angkatan Laut, Polairud dan SAR Nasional, mereka pun langsung dibawa menggunakan ambulans menuju ruang Terminal Dermaga Pelabuhan Trisakti untuk dilakukan pemeriksaan Kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan,  kondisi kesehatan 10 abk dan satu kapten ini dinyatakan normal.

Mereka pun rencananya diinapkan di Rumah Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan sembari menunggu konfirmasi dari pemilik kapal untuk proses pemulangan.

"Kami arahkan untuk pemeriksaan kesehatan oleh KKP, saat diarahkan dan istirahat ke rumah Dinas Sosial Provinsi," terang Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Banjarmasin, Sutojo Edi Harjanto.

Baca Juga: Aktivis dan LSM Desak Gubernur Kalsel Copot Kadisdikbud yang Diduga Usir Guru Usai Ditegur Merokok

Sebelumnya pada jumat 11 oktober 2024, KM Sabar Subur yang merupakan kapal pencari ikan dinyatakan tenggelam di perairan Pulau Karimun Jawa.

Dari total 14 ABK, 11 orang berhasil dievakuasi oleh kapal ferry KM Satya Kencana III yang sedang melintas dalam perjalanan dari Pelabuhan Sunda Kepala Jakarta menuju Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sedangkan tiga abk lainnya belum diketahui keberadaannya.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x