Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bawaslu Jaten: Purworejo dan Kota Pekalongan Daerah Rawan Tinggi Pilkada

Kompas.tv - 3 Oktober 2024, 13:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah membuat pemetaan daerah kerawanan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dua wilayah yakni Kabupaten Purworejo dan Kota Pekalongan dikategorikan sebagai daerah dengan rawan tinggi.

Pertimbangan kedua wilayah tersebut masuk dalam kategori rawan tinggi dalam tahapan kampanye, adalah yang pertama berdasarkan alasan indeks kerawanan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, Kemudian berdasar hasil pengawasan Pemilu 2024 kemarin, dan perkembangan situasi terkini.

Dan 11 isu yang menjadi indikator penentuan kerawanan dalam tahapan kampanye, seperti politisasi SARA, pelibatan ASN, pelibatan anak di bawah umur, dugaan politik uang, netralitas TNI, Polri, hingga kampanye di tempat ibadah.

“Dari 35 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah, ada dua kabupaten/kota yang masuk kategori rawan tinggi, yaitu Kabupaten Purworejo dan Kota Pekalongan. Selebihnya ada yang masuk di rawan sedang, ada yang masuk di rawan rendah,” ujar Nur Kholiq, Anggota Bawaslu Jawa Tengah.

Sementara, wilayah dengan kategori rawan sedang, di antaranya adalah Kabupaten Banjarnegara, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kudus, Kabupaten Magelang, Pati, Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Kabupaten Semarang, Sragen, Temanggung, Kota Magelang, Kota Surakarta, Kota Tegal, Banyumas, dan Sukoharjo.

Untuk wilayah dengan kategori rawan rendah, di antaranya adalah wilayah Kebumen, Kendal, Klaten, Rembang, Kabupaten Tegal, Wonogiri, Wonosobo, Kota Salatiga, dan Kota Semarang.

#semarang #pilkada2024 #bawaslujateng




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x