Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bengkel Edu Preneur, Perbaiki Mesin Perahu Nelayan Lebih Cepat dan Murah

Kompas.tv - 23 September 2024, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bengkel Edu Preneur, yang dihadirkan oleh Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, untuk membantu nelayan di Kampung Nelayan Tanggulsari, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Tak hanya memberikan pelayanan perbaikan kerusakan mesin perahu, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau yaitu Rp75.000 untuk jasa bongkar mesin dan Rp30.000 untuk jasa memperbaiki mesin perahu. Para nelayan juga tak perlu repot-repot lagi memanggil mekanik untuk memperbaiki perahu yang rusak.

Karena sebelumnya, para nelayan kesulitan mencari bangkel dan harus membawa mesin perahunya ke bengkel luar kampung, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal.

“Sekarang ada disini, ongkosnya lebih murah daripada diluar. Untuk ongkosnya kalau bongkar total cuma Rp75.000 kalau diluar bisa lebih Rp100.000, dan diluar itu engga bisa sehari jadi, kalau disini kan bisa kalau nelayan butuh sekali bisa kami usahakan sehari jadi,” ujar Muhammad Yasin, Ketua Bengkel Edu Preneur

Salah seorang nelayan, Erno, mengaku sangat terbantu dengan adanya bengkel Edu Preneur ini, karena waktu perbaikan mesin perahu lebih cepat.

“Membantu untuk kami para nelayan yang tidak tahu mesin sama sekali. Jadi adanya bengkel ini sangat membantu. Sebelum ini kalau memperbaiki harus keluar kampung istilahnya, jauh dari sini,” ucap Erno

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina Patra Niaga RJBT, Brasto Galih Nugroho, mengatakan, bantuan bengkel nelayan Edu Preneur ini merupakan bagian dari CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, dan sudah berjalan sejak tahun 2022. Tak hanya membangunkan bengkel, Pertamina juga membelikan peralatan pendukung bengkel, hingga pelatihan bagi nelayan yang tergabung di koperasi nelayan.

“Kami memiliki program CSR, kegiatan kita ini merupakan kegiatan yang dikelola oleh Integrated Terminal Semarang, yang ada di Pengapon yang juga mengelola BBM LPG. Jadi disini kita bangunkan bangunannya, memberikan peralatan, membantu pelatihannya, membentuk koperasinya, dan juga bekerja sama dengan Pertamina terkait dengan peralatan otomotifnya,” jelas Brasto.

Dari bengkel perbaikan perahu nelayan, pihak Pertamina juga mengembangkan pelayanan perbaikan sepeda motor, serta ke depan juga akan dikembangkan penyediaan cuci kendaraan dan sabunnya berasal dari mangrove. Di wilayah Kota Semarang, Pertamina juga memberikan bantuan bengkel perbaikan perahu di kampung nelayan Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Emas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang.

#semarang #nelayan #bengkelperahu




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Sulawesi

Warga Binaan Lakukan Perekaman E-KTP

23 September 2024, 16:56 WIB
Sulawesi

KPU Makassar Tetapkan DPT 1.037.164

23 September 2024, 16:55 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x