Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ramah Lingkungan, PLTGU Tambak Lorok Blok 3 Resmi Beroperasi

Kompas.tv - 4 September 2024, 13:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok Blok 3 Semarang, Jawa Tengah ini memiliki kapasitas 779 megawatt. Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyebut PLTGU yang dioperasikan PLN Indonesia Power ini terbesar di Indonesia, berteknologi paling baru dan sangat canggih, sehingga mampu beroperasi secara efisien dan ramah lingkungan.

PLTGU Tambak Lorok Blok 3 di Kota Semarang ini juga memiliki kemampuan respon time yang sangat cepat, pasalnya, kapasitas dayanya 70 mw dalam satu menit. Keunggulan tersebut membuka peluang bagi pertumbuhan pembangkit EBT lain yang bersifat intermiten untuk terus meningkat. PLTGU ini dapat mengantisipasi dengan cepat pasokan listrik yang fluktuatif.

Dengan adanya fast response power plant seperti ini, tentu saja keandalan sistem kelistrikan di Jawa Tengah akan meningkat drastis, dan menambah ruang untuk sumber energi terbarukan.

“Pembangkit ini adalah salah satu pembangkit paling cepat, dalam satu menit bisa menghasilkan 70 megawatt yang biasanya hanya 6-7 megawatt ini meningkat hampir 11 kali lipat. Untuk itu ini adalah pembangkit yang bisa memasok energi yang ada untuk di Jawa Tengah dan ini pembangkit yang memfasilitasi percepatan pembangunan dari pembangkit EBT,” jelas Darmawan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman Hutajulu, mengapresiasi kesuksesan PLN group dalam menghadirkan PLTGU Tambak Lorok Blok 3.

Dirinya juga memastikan bahwa pemerintah terus mendukung langkah PLN dalam upaya transisi energi di Tanah Air. Pihaknya mendorong PLN agar terus menghadirkan listrik yang andal, berkelanjut dan terjangkau demi mengutamakan kepentingan masyarakat dan negera.

 

#semarang #pln #pembangkitlistrik

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x