Kompas TV regional papua maluku

Nikmati Pesona Pulau Yerusel Destinasi Wisata Menarik di Sorong

Kompas.tv - 3 September 2024, 19:08 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Tak hanya kepulauan Raja Ampat di Papua Barat Daya yang memiliki destinasi wisata bahari yang indah. Daerah lainnya seperti Kabupaten Sorong juga memiliki potensi wisata bahari yang selama ini tak terlihat di Pulau Yerusel.

Pulau ini terletak di wilayah Kampung Arar, Distrik Mayamuk. Perjalanan ke Pulau Yerusel terlebih melalui perjalanan darat ke Dermaga Kontainer Sorong selama satu jam. Nantinya di dermaga tersebut sudah tersedia perahu motor yang disewakan nelayan setempat menuju Pulau Yerusel. Perjalanan ke Pulau Yerusel dengan perahu motor memakan waktu selama 10 menit saja, dengan biaya sewa perahu motor pulang pergi per orang sebesar Rp 30.000.

Ketika tiba di sana, mata pengunjung akan dimanjakan hamparan pasir putih di bibir pantai, laut Pulau Yerusel berwarna biru dan jernih serta terdapat deretan terumbu karang yang indah. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menyelam ke dasar lautan atau snorkeling yakni menyelam hanya di permukaan laut. Terdapat juga kawasan hutan mangrove di Pulau Yerusel.

Pulau Yerusel dikelola seorang warga Kampung Arar bernama Saleh Maylibit selaku pemilik hak ulayat, pria berusia sekitar 60 tahun ini mengubah Yerusel dari pulau tak terurus menjadi tempat wisata sejak tahun 2022. Dengan menggunakan modal sendiri, saleh membersihkan seluruh kawasan pulau itu dan mendirikan sejumlah pondok wisata yang disebut honai. Tarif masuk ke Pulau Yerusel senilai Rp 5.000 per orang, sedangkan biaya sewa setiap pondok bervariasi antara Rp 25.000 dan Rp 50.000.

Saleh mendapatkan pemasukan yang signifikan dari pengelolaan Pulau Yerusel. Saat momen libur keagamaan dan sekolah, ayah empat anak ini bisa meraup penghasilan 1,5 juta per hari. Berkah yang diraih saleh dari pulau yerusel tak hanya untuk kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya. Ia juga berhasil menyekolahkan salah seorang putrinya hingga jenjang perguruan tinggi.

Keindahan Pulau Yerusel pun diakui kinastih, salah seorang pengunjung yang datang dari Kota Sorong. Kinastih bersama keluarganya telah berkunjung ke pulau ini sebanyak dua kali. Karena menurutnya Pulau Yerusel menjadi salah satu destinasi wisata dengan keindahan alam yang memukau, biaya terjangkau dan sangat bersih. Ia berharap tak hanya tersedia pondok wisata namun juga lapak pedagang aneka kuliner sehingga dampak ekonomi tempat ini semakin meluas.

Pulau Yerusel kini menjadi permata baru destinasi wisata di bumi Papua Barat Daya. Dukungan pemerintah daerah bagi warga setempat yang mengelola destinasi wisata yang potensial sangat dinantikan demi mengatasi masalah pengangguran di Tanah Papua.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x