Kompas TV regional papua maluku

Ribuan Pencaker Antusias Urus Surat Keterangan OAP Syarat Penerimaan CPNS

Kompas.tv - 3 September 2024, 19:04 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Pengurusan surat keterangan Orang Asli Papua sebagai syarat administrasi dalam beberapa hari terakhir meningkat drastis. Diketahui sejak diumumkan penerimaan CPNS, sudah sebanyak delapan ribu pencaker yang mengurus surat tersebut.

Salah satu staf sekretariat forum pencaker, Marthen Kareth mengatakan surat keterangan OAP tersebut sebagai rekomendasi syarat khusus Orang Asli Papua yang ikut dalam tes CPNS 2024 sesuai undang-undang otonomi khusus.  Yang mana surat tersebut dikeluarkan melalui Majelis Rakyat Papua (MRP) dan dibantu forum pencaker. Selain itu, juga bisa melalui rekomendasi Lembaga Masyarakat Adat (LMA).

Persentase formasi CPNS berdasarkan surat keputusan gubernur papua barat daya, sendiri OAP 80 persen, dan non oap 20 persen dari jumlah formasi. Dengan kuota cpns sebanyak 1.088 orang di lingkungan pemerintah Provinsi Papua Barat Daya.

Sementara itu, salah satu warga yang tengah antri sejak pagi, Obaja Duwith mengaku sedang mengurus surat keterangan OAP, untuk keperluan tes cpns di lingkungan Pemprov Papua Barat Daya. Menurutnya dengan jumlah persentase 80 persen formasi CPNS diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran OAP di Papua Barat Daya.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x