Kompas TV regional sulawesi

Pilkada Serentak 2024 Ramai Cakada

Kompas.tv - 3 September 2024, 12:57 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pilkada serentak 2024 di Sulawesi Selatan bisa dibilang ramai bakal calon kepala daerah. Hingga penutupan pendaftaran, total calon kepala daerah yang mendaftar mencapai 136 orang. Satu daerah bisa ada empat pasangan calon.

Pilkada serentak 2024 alami perubahan signifikan. Usai putusan MK soal syarat pencalonan, jumlah peserta yang bertarung dalam kontestasi pesta demostrasi daerah melonjak.

Di Sulawesi Selatan misalnya, total bakal pasangan calon kepala daerah yang resmi mendaftar di 24 kabupaten, kota mencapai 136 orang. Satu daerah bahkan bisa punya hingga empat pasang bakal calon kepala daerah.

Melonjaknya pendaftar tak lepas dari perubahan persyaratan pencalonan yang di putuskan mahkamah konstitusi. Banyak parpol yang sebelumnya hanya jadi penonton, kini bisa mengusung calon sendiri. Ini tentu membuat eskalasi politik berubah signifikan.

Daerah yang punya empat pasang calon masing – masing

Makassar, Pare-Pare, Luwu Utara, Jeneponto dan Sinjai. Tujuh daerah punya tiga pasang calon, sepuluh daerah lainnya dua pasang calon dan hanya kabupaten Maros yang punya calon tunggal.

#pilkada

#cakada

#pdd




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x