Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mbak Ita Masak Menu Kekinian, Dukung Makan Siang Bergizi Gratis

Kompas.tv - 2 September 2024, 13:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pandai memasak, merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab di sapa Mbak Ita. Dengan memanfaatkan hasil urban farming yang dipanen di samping rumahnya, Mbak Ita mengolah beragam bahan seperti tomat, wortel, selada, markisa sayur, bunga telang dan ikan lele, menjadi menu makan sehat kekinian.

Menu makan sehat dan bergizi istimewa ala Wali Kota Semarang, karena dibuat sendiri oleh Mbak Ita ini, adalah spaghetti bolognese with lele ball. Cara pengolahanya, spaghetti dengan pasta wortel dan tomat dipadukan dengan bakso lele atau lele ball. Lalu menu lainnya adalah puding bunga telang dan jus tomat campur markisa sayur, yang memiliki banyak manfaat seperti mencegah obesitas dan mengatur metabolisme.

Setelah semua menu sehat dan bergizi selesai dikemas, kemudian diantar ke SD Negeri Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, dan dibagikan kepada siswa kelas 5. Anak-anak pun terlihat senang dengan makanan kekinian penuh gizi ala Wali Kota Semarang.

“Saya lihat bahan-bahan di halaman itu berbagai macam. Tadi ada markisa sayur, tomat, bawang, selada, dan ada ikan lele, terus saya buat spaghetti karena anak-anak pasti suka makanan yang kekinian. Tetapi di dalam ini penuh gizi, karena mungkin anak-anak ngga mau kalau makan lele utuh gitu,” ujar Mbak Ita.

Dukungan terhadap program makan siang gratis dan bergizi dengan menyajikan menu kekinian dan memanfaatkan hasil urban farming ini, tak hanya bagian dari upaya mendukung gaya hidup sehat dan menangani stunting melalui pertanian perkotaan. Namun, juga bagian dari program “Stroberi” yakni strategi pemberian makan siang untuk perbaikan gizi dan pencegahan obesitas, yang saat ini sedang didorong oleh Pemerintah Kota Semarang.

 

#semarang #mbakita #makananbergizi

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x