Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nihil Kasus Virus Monkey Pox, Dinkes Semarang Tetap Waspada

Kompas.tv - 30 Agustus 2024, 16:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Meskipun penyebaran virus Monkey Pox (Mpox) di Kota Semarang masih nihil, Dinas Kesehatan Kota Semarang sudah melakukan langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus Mpox di kota semarang.

Dinkes Kota Semarang telah menghimbau seluruh fasilitas umum kesehatan di Kota Semarang untuk mempersiapkan kemungkinan penyebaran virus Mpox. Persiapan telah dilakukan seperti membentuk TGC (Tim Gerak Cepat) dan melakukan sosialisasi secara masif. Dinas kesehatan juga bekerja sama dengan Kominfo untuk menyebarluaskan informasi seputar virus Mpox kepada masyarakat melalui berbagai macam media. "Untuk ciri-cirinya layaknya demam pada umumnya hanya pada Mpox ini ada yang berbeda, yaitu ada ruam serta pembesaran kelenjar limfe baik di leher, ketiak, maupun di selangkangan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam.

Dinas Kesehatan Kota Semarang juga sudah bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Semarang dan pengelola taman satwa untuk melakukan tes dan skrining kepada hewan ternak dan satwa yang dipelihara untuk melihat dan memantau kondisi kesehatan mereka.

Dinas kesehatan juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Apabila mengalami beberapa tanda atau gejala klinis yang mengarah pada virus Mpox seperti mengalami ruam di area leher, ketiak, dan selangkangan, dihimbau untuk segera melapor kepada fasilitas umum terdekat untuk segera mendapat layanan.

#mpox #cacarmonyet #semarang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x