Kompas TV regional berita daerah

Cara Mengecek Kadar Kolesterol Melalui Ujung Jari Tangan | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 15:40 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV - Beredar video dengan narasi cara mengecek kadar kolesterol melalui ujung jari tangan. Dalam video dijelaskan  langkah awal untuk mengetahui kadar kolestrol yakni dengan menggenggam jari selama 30 detik. 

Kemudian jika ujung jari berwarna sangat merah maka tandanya kadar kolestrol tinggi. Namun setelah dilakukan penelusuran,  Dokter Spesialis Penyakit Dalam Andi Khomeini Takdir Haruni mengatakan, cara mengecek kadar kolesterol melalui ujung jari merupakan informasi keliru.

Baca Juga: Gempa Megathrust Untuk Takuti Warga Agar Pindah ke IKN | NEWS OR HOAX

Menurutnya, kadar kolestrol hanya dapat diketahui dari pemeriksaan darah. Dilansir dari kompas.com, sampai saat ini kadar kolesterol hanya bisa diketahui dengan menggunakan sampel darah. 

Idealnya, pengambilan sampel darah dilakukan melalui pembuluh vena. Adapun tanda tubuh lain saat seseorang mengalami kolestrol tinggi bisa dilihat dari kondisi mata yakni muncul xanthoma atau gumpalan berwarna kuning di bawah kulit. Jadi, video dengan narasi cara mengecek kadar kolesterol melalui ujung jari tangan adalah tidak benar aau hoaks.

#kolesterol #kesehatan #jaritangan




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x