Kompas TV regional berita daerah

Aksi Unjuk Rasa Ricuh, Warga Tuntut Kepala Desa Untuk Mundur

Kompas.tv - 20 Agustus 2024, 16:15 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS TV - Ratusan warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Desa Sukaluyu. Aksi unjuk rasa itu pun terus memanas hingga terjadi saling dorong hingga pagar kantor desa itu ambruk. Massa aksi yang berjumlah ratusan itu terus berorasi hingga sempat terjadi cekcok dengan petugas keamanan.

Mereka menuntut agar kepala desa yang saat ini menjabat yaitu Uher Suherman agar mundur dari jabatannya karena dinilai banyak kebijakan yang berbenturan dengan aturan. Salah satunya, dugaan masyarakat sendiri bahwa Kepala Desa Sukaluyu telah menimbun sertifikat program PTSL milik warga lebih dari tiga bulan, Uher Suherman juga telah mengintimidasi dan mengintervensi para perangkat desa demi kepentingan pribadi.

Menurut koordinator aksi Zenal Mutaqin mengatakan, perwakilan dari massa aksi diterima beraudiensi dengan kepala desa dan ditengahi oleh camat Sukaluyu. Setelah diskusi audiensi yang juga sempat memanas, akhirnya Kepala Desa Sukaluyu secara hormat mengundurkan diri dari jabatannya dan sudah ditandatangani di atas matrai dan disaksikan oleh camat Sukaluyu. Menurutnya, dengan mundurnya Kepala Desa Sukaluyu merupakan jalan yang baik untuk masyarakat karena Kepala Desa Uher Suherman sudah tidak ada keharmonisan dengan masyarakat Sukaluyu.

Sementara itu, menurut camat Saripudin mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Cianjur atas mundurnya Uher sebagai Kepala Desa Sukaluyu. Setelah itu, pihaknya pun akan menunggu proses atau hasil lebih lanjut dari dinas apakah akan ada yang diangkat jadi pelaksana harian desa atau seperti apa.

Sementara itu, terkait tuntutan sertifikat warga yang diduga ditimbun kepala desa, saat ini sudah dilimpahkan kembali ke BPN, jadi masyarakat sendiri yang sertifikatnya PTSLnya belum turun dianjurkan untuk mengonfirmasikannya langsung ke BPN.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi
TikTok : https://www.tiktok.com/@kompastvsukabumi




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x