Kompas TV regional papua maluku

Tim Gabungan Tangkap Anggota KKB Kelompok Egianus Kogoya, Ini Daftar Aksi Kriminalnya

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 18:28 WIB
tim-gabungan-tangkap-anggota-kkb-kelompok-egianus-kogoya-ini-daftar-aksi-kriminalnya
Ilustrasi penangkapan oleh kepolisian. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

TIMIKA, KOMPAS.TV - Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 menangkap seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Nduga, yang terlibat sejumlah aksi kriminal.

Penangkapan anggota KKB bernama Rife Kerebea, alias Erik, alias Trisna Telenggen, di Kabupaten Nduga, Papua Tengah, dilakukan Sabtu, 17 Agustus 2024, sekitar pukul 04.30 WIT.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen PolFaizal Ramadhani menyebut, Rife Kerebea telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena terlibat dalam berbagai aksi kriminal di Kabupaten Yahukimo dan Nduga.

“DPO KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erik Alias Trisna Telenggen, merupakan KKB Nduga pimpinan Egianus Kogoya dan terlibat dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di Kabupaten Yahukimo dan juga Kabupaten Nduga,” kata Faizal Ramadhani melalui keterangan tertulis.

Baca Juga: Dibunuh KKB, Jenazah PIlot Glenn Malcolm Conning Diberangkatkan ke Jakarta

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, menambahkan, penangkapan terhadap Rife berdasarkan laporan polisi LP/B/47/X/2023/SPKT/POLRES YAHUKIMO/POLDA PAPUA, tanggal 16 Oktober 2023, tentang pembunuhan masyarakat pendulang emas di Kali EI, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, serta Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor: DPO/30/XI/2023/Reskrim, tanggal 08 November 2023.

“DPO KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erick Alias Trisna Telenggen kami tangkap berdasarkan laporan polisi yang telah terbit dan juga daftar pencarian orang (DPO),” ucapnya.

Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Ops Damai Cartenz-2024 telah membawa Rife ke Posko Ops Damai Cartenz-2024 di Polres Nduga untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erick Alias Trisna Telenggen juga mempunyai peran penting dalam kelompok KKB Kodap III Ndugama yang dipimpin Egianus Kogoya,” kata Kasatgas Humas.

Rife, kata dia, pernah tergabung dalam KKB pimpinan Egianus Kogoya dan bermarkas di area Kampung Alguru di Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga.

Ia bertugas memantau pergerakan aparat TNI-Polri serta membantu mendistribusikan logistik ke markas dan pos-pos pantau KKB, serta sering memberikan saran kepada kelompok KKB.

Bayu Suseno juga menjelaskan keterlibatan Rife Kerebea dalam beberapa aksi kriminal, berikut beberapa di antaranya:

- Pembunuhan masyarakat pendulang emas di Kali EI, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, pada 16 Oktober 2023.

Baca Juga: Seorang Pekerja di Intan Jaya Tewas Jadi Korban Penembakan, Polisi Duga Pelaku Anggota KKB

- Pencurian senjata api anggota Brimob di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, pada 18 Juni 2022, dengan peran sebagai penghubung antara pelaku dan KKB Egianus Kogoya.

- Rentetan aksi pembunuhan di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, pada 16 Juli 2022.

- Penembakan pesawat di Kali Brasa, Kabupaten Yahukimo, pada 16 dan 17 Februari 2024.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x