Kompas TV regional berita daerah

Festival Bawang Merah 2024: Brebes Ekspor 19 Ribu Ton Bawang Merah ke 4 Negara Asia Tenggara

Kompas.tv - 13 Agustus 2024, 18:52 WIB

BREBES, KOMPAS.TV - Peluncuran ekspor bawang merah ke sejumlah negara di Asia Tenggara dilakukan di Jalur Pantura, Kota Brebes, tepatnya di kawasan Alun-Alun setempat, sekaligus menandai dibukanya ajang Festival Bawang Merah 2024 pada Jumat sore. Ada empat negara di Asia Tenggara yang menjadi tujuan ekspor bawang merah, yaitu Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Proses ekspor bawang merah ke sejumlah negara Asia Tenggara ini akan berlangsung hingga November 2024, dengan jumlah total mencapai 19 ribu ton.

 

Rinciannya, ekspor ke Singapura sebanyak 2 ribu ton, Thailand sebanyak 10 ribu ton, Malaysia 2 ribu ton, dan Vietnam 5 ribu ton. Pj Bupati Brebes, Iwannudin Iskandar, mengatakan ekspor bawang merah ke sejumlah negara Asia Tenggara ini bertujuan untuk menyerap hasil panen petani saat panen raya, sekaligus sebagai upaya stabilisasi harga bawang merah saat produksi melimpah.

 

Menurutnya, stok bawang merah saat ini cukup melimpah. Bahkan, produksi bawang merah di Kabupaten Brebes bisa menyumbang kebutuhan regional hingga nasional. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Marwadi, menyebut bawang merah merupakan salah satu unsur penyumbang inflasi.

 

Ia menuturkan hingga Juli 2024, komoditas pertanian andalan Kabupaten Brebes itu menjadi salah satu penyumbang utama inflasi dan deflasi. Dia menyebut dalam tujuh bulan terakhir, bawang merah muncul sebanyak tiga kali sebagai penyumbang utama inflasi dan tiga kali sebagai penyumbang utama deflasi IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tegal di tahun 2024.

 

Sementara itu, Festival Bawang Merah yang digelar di kawasan Alun-Alun Brebes menampilkan puluhan stand dengan memajang aneka hasil pertanian, seperti bawang merah dan produk turunannya dalam bentuk olahan.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x