Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Anggota JI Membubarkan Diri

Kompas.tv - 10 Agustus 2024, 11:09 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Ratusan Anggota Kelompok Jamaah Islamiyah Kabupaten Poso, mendeklarasikan pembubaran. Pembubaran ini ditandai dengan deklarasi dan pernyataan ikrar untuk kembali ke NKRI.

Sebanyak 125 Anggota Jamaah Islamiyah Kabupaten Poso, berkumpul di salah satu hotel, untuk menyatakan keluar atau membubarkan diri.

Tujuan dari pembubaran kelompok JI di Poso, sebagai bentuk tindak lanjut yang dilakukan oleh pimpinan JI Jawa Tengah, Usman Hedar Bin Sef Alias Fahim yang menginginkan anggota kelompok JI di Indonesia agar kembali mencintai negara Indonesia dan menciptakan perdamaian.

Deklarasi pembubaran kelompok JI ini telah dilakukan di 10 kota di Indonesia. Untuk wilayah Sulawesi Tengah, deklarasi pembubaran dan ikrar kembali ke NKRI dilakukan di Palu dan Poso.

Sementara tokoh ulama Poso, Adnan Arsyal menyambut baik deklarasi pembubaran ini, menurutnya ini bentuk upaya untuk menghilangkan stigma negatif Kabupaten Poso yang terkenal dengan tindak terorisme.

Adnan Arsyal bilang, saat ini Poso sudah aman dan tidak ada lagi aksi teror yang terjadi. Deklarasi pembubaran anggota kelompok Jamaah Islamiyah akan terus dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Kedepannya Adnan Arsyal meminta pemerintah lebih berperan lagi dalam merangkul mantan anggota JI, termasuk memberikan lapangan kerja dan modal usaha, serta memulihkan nama mereka, agar di terima kembali oleh masyarakat.

#JI #JamaahIslamiyah #NKRI 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x