Kompas TV regional berita daerah

Warga di Desa Buata Kecamatan Botupingge Keluhkan Aktifitas Galian C

Kompas.tv - 3 Agustus 2024, 12:42 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS.TV - Beginilah aktifitas terkini disebagian lokasi pertambangan galian C, yang terletak di Desa Buata Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

Usaha pertambangan galian C ini sudah dikelolah CV Alfadjri sejak beberapa tahun terakhir memang memiliki andil mendukung proses percepatan pembangunan di Gorontalo.

Namun saying, usaha galian C tersebut oleh warga dinilai telah mengakibatkan kerusakan lingkungan yang sangat parah.

Salah satu warga menyebut, aktifitas tambang tersebut telah merusak kawasan hutan lindung yang sejak dulu dijaga pemerintah desa. Warga juga menyebut, beberapa kali pemukiman warga disekitar lokasi mengalami banjir disertai lumpur ketika hujan deras.

Diketahui, hujan deras yang terjadi belum lama ini, mengakibatkan jembatan di Desa Buata nyaris putus  akibat luapan air disertai tanah yang mengalir dari lokasi tambang.

Tanggul penahan kedua sisi saluran sebagian rusak, bahkan satu rumah disekitar saluran ikut terdampak. Tak hanya itu warga juga harus menerima dampak pencemaran udara berupa debu sepanjang hari akibat lalu lalang truk pengangkut material yang keluar masuk lokasi.

Warga menyesalkan pihak pemerintah dan instansi terkait yang tidak pernah merespon keluhan warga, yang selama ini merasakan langsung dampak buruk dari aktifitas pertambangan tersebut.

Menurut warga, keluhan seper ti ini pernah disampaikan melalui surat kepada pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Kodim 1304 bahkan pihak Kepolisian Polres Bone Bolango.

Sementara itu, pihak pengelolah membantah jika usaha pertambangan yang dikelolahnya menjadi penyebab kerusakan lingkungan, banjir serta dampak negatif lain yang terjadi pada warga sekitar. menurut pengelola, paska banjir yang terjadi di Gorontalo baru-baru ini, pihak pemerintah, Dinas lingkungan hidup serta forum pimpinan kecamatan telah meninjau langsung lokasi yang menyatakan tambang galian C tersebut tidak memberikan dampak bagi lingkungan, apalagi kepada warga sekitar. pengelolah juga mengklaim telah mengantongi izin lengkap dari pemerintah.

Baca Juga: Polda Gorontalo Tangguhkan Penahanan Terhadap Tersangka Darwis Moridu Karena Sakit  

Kegiatan tambang memang memberikan dampak nilai ekonomis yang cukup signifikan, namun juga memberikan dampak negatif terhadap lingkungan mencakup pencemaran dan kerusakan struktur tanah.

Pemerintah diminta bijaksana dan segera memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi warga sekitar lokasi galian C atau batuan di Desa Buata Kecamatan Botupingge, Bone Bolango.

 

#galianc

#wargabuata

#keluhkan

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x