Kompas TV regional berita daerah

Melestarikan Nilai Budaya Pererat Kerukunan Warga Desa

Kompas.tv - 29 Juli 2024, 14:17 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Puluhan emak-emak ini kompak mengolah berbagai jenis makanan tradisional untuk merayakan hari jadi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Pesawaran Lampung yang ke 119 tahun.

Baca Juga: Ungkap Kasus Jasad Wanita dalam Karung, 23 Saksi Diperiksa!

Satu per-satu makanan tradisional yang dipersiapkan seperti cantik manis, sengkulun hingga ketan putih yang biasa dijadikan lemper dan makanan berat lainnya.

Kekompakan ini ditunjukan sebagai wujud menjaga toleansi dan kebersamaan antar warga desa yang memiliki latar belakarang suku dan agama yang berbeda.

Puncak acara peringatan hari jadi Desa Bagelen diisi dengan penampilan musik tradisional gamelan, tari daerah dan pertunjukan wayang kulit yang disambut antusias warga desa untuk menyaksikannya.

Bagelen merupakan desa transmigrasi pertama di Indonesia pada 1905 yang berasal dari Jawa yang kini hidup berdampingan dengan berbagai suku di Lampung.

Bentuk gotong royong warga dalam mempertahankan nilai budaya dan menjaga toleransi antar warga ini patut menjadi contoh agar kerukunan dan keharmonisan  bisa terus terjalin dengan baik.

#lestarikan #nilai #budaya




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x