Kompas TV regional jawa timur

Siapkan Regenerasi Petani, Siswa Dibekali Ilmu Pertanian Modern

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 19:28 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Di tengah krisis petani muda, untuk menarik minat siswa menjadi petani milenial, sebuah sekolah di SMKN 1 Kota Malang membekali siswanya dengan ilmu pertanian modern.

Siswa diajari langsung di green house mulai budidaya tanaman hingga cara memproduksi bibit tanaman.

Siswa juga diajak langsung praktek menerapkan ilmu pertanian tanaman pangan, tanaman buah, tanaman hias, serta tanaman sayuran.

Kepala Agribisnis tanaman pangan dan hortikultura Arif Rahman bilang siswa diajak terbiasa menggunakan alat pertanian modern dan bertani mengikuti perkembangan zaman, sehingga siswa tertarik menjadi petani muda.

"Semangat untuk memotivasi generasi muda generasi milenial supaya nanti terjun di dunia pertanian. Kebetulan di sekolah kita pertanian urban farming, dimana urban farming pertanian bersih menggunakan sistem hidroponik. Kami selaku guru selalu memotivasi pertanian itu menjanjikan dan bisa untuk masa depan siswa" Kata Arif.

Siswa pun mengaku senang bisa belajar ilmu pertanian modern. Mereka juga mendapat tanggung jawab pada tanaman yang mereka pelajari.

"Saya setelah lulus saya akan berusaha berwirausaha  terutama di bidang tanaman hias. Karena menurut saya tanaman hias hasilnya cukup menjanjikan" Kata siswa, Vedora.

Diharapkan dengan ilmu yang didapatkan selama sekolah siswa akan menekuni profesi di dunia pertanian selepas lulus nanti.

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x