Kompas TV regional berita daerah

Nyaris Putus, Warga Dan Siswa Nekat Lintasi Jembatan Rusak

Kompas.tv - 25 Juli 2024, 15:25 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS TV - Akses jembatan penghubung dua kecamatan, untuk warga dan para siswa di desa Neglasari, kecamatan Lengkong, kabupaten Sukabumi, nyaris putus akibat diterjang luapan sungai Cikaso. Baik warga dan siswa terlihat nekat menyebrangi jembatan ini untuk kegiatan sekolah yang didampingi orang dewasa agar mereka selamat saat melintas diatas jembatan tersebut. Jembatan ini memiliki panjang 50 meter, menghubungkan dua kecamatan yaitu kecamatan Lengkong dan kecamatan Jampang Tengah, kabupaten Sukabumi. Warga di dua lokasi ini sudah hampir satu bulan melewati jembatan rusak ini untuk aktivitasnya. Bahkan siswa Sekolah Dasar terlihat sangat terbiasa saat berjalan diatas besi yang dijadikan pijakan dan tali sling baja untuk menahan beban saat melintasi jembatan.

Guru SDN Cibadak, Leni Sumarni mengungkapkan, akses jembatan ini sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari hari, bahkan setiap kali melihat siswa didiknya berjalan diatas jembatan ini berdebar-debar karena takut anak terpeleset dan jatuh ke sungai. Ia pun meminta para siswa diantar orang tua untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

Sementara itu, kepala dusun empat Neglasari Ruslan mengungkapkan, di kampung Cigirang kecamatan Lengkong sendiri ada 60 KK dan mayoritas petani yang sering menggunakan jembatan ini, bahkan tak sedikit para pelajar baik ke sekolah pendidikan formal maupun non formal yang menyebrang dengan jembatan ini, sehingga akses ini sangat dibutuhkan sekali oleh warga.

Jembatan ini sudah puluhan tahun digunakan warga yang awalnya menggunakan bambu dan tahun 2015 dibangun jembatan besi seperti ini. Jika jembatan ini ambruk total atau putus, warga harus memutar lebih jauh dan bahkan bisa memakan waktu satu hingga dua jam menggunakan sepeda motor, sehingga warga berharap jembatan ini segera diperbaiki agar aktivitas pendidikan dan pertanian bisa kembali normal.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi
TikTok : https://www.tiktok.com/@kompastvsukabumi




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x