Kompas TV regional berita daerah

Dinas Pertanian Provinsi Bantah Isu Antraks di Gorontalo

Kompas.tv - 20 Juli 2024, 13:20 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV – Baru-baru ini, beredar sebuah surat edaran dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terkait adanya penyebaran penyakit antraks di Provinsi Gorontalo.

Dalam surat tersebut, disebutkan bahwa seluruh wilayah kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo berstatus tertular penyakit antraks.

Bahkan, Pemerintah Sulawesi Tengah pun meminta dilakukan penutupan penerimaan ternak ruminansia seperti sapi, kambing dan ternak lainnya asal Gorontalo.

Surat edaran yang telah beredar di kalangan masyarakat Gorontalo ini pun sangat meresahkan warga dan mengakibatkan kerugian terhadap pada peternak dan penjual daging di Gorontalo.

Pemerintah Provinsi Gorontalo pun sangat menyesalkan adanya surat edaran yang dikeluarkan oleh pemerintah Sulawesi Tengah karena merugikan Provinsi Gorontalo yang merupakan sebagai daerah penyuplai hewan ternak ke beberapa wilayah di Indonesia.

Tidak adanya koordinasi dan konfirmasi dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ini pun sangat disayangkan oleh pemerintah Provinsi Gorontalo.

Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, melalui bidang peternakan langsung membantah isu tersebut dan menegaskan bahwa hewan ternak di Gorontalo aman dan bebas dari penyakit antraks.

Baca Juga: Petugas Kembali Gagalkan Penyelundupan 30 Kilogram Daging Tikus di Pelabuhan Gorontalo

Karena dipercaya sebagai salah satu daerah penyuplai ternak di Indonesia, Pemerintah Provinsi Gorontalo pun mengaku rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan uji laboratorium terhadap hewan ternak di Gorontalo. 

Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo menegaskan masih akan terus melakukan pengiriman ternak ke beberapa daerah di Indonesia.

Warga Gorontalo pun dihimbau agar tidak panik terhadap isu penyakit antraks yang beredar saat ini.

 

#isuantraks

#gorontalo

#dinaspertanian

#gorontalo

#sulawesitengah

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x