Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Bayi Ditemukan di Lubang Jamban Terbengkalai Alami Hipotermia

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 10:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Sesosok bayi perempuan dibuang di jamban terbengkalai di Desa Bumirejo, Kepanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Bayi tersebut ditemukan dalam kondisi hipotermia.


Bayi malang itu pertama kali ditemukan warga pada Kamis (11/07/2024) Pagi. Warga awalnya mendengar suara tangisan bayi di area kebun dekat lokasi.

Ketika ditelusuri sumber suara, ternyata suara tangisan berasal dari dalam jamban yang sudah lama tak digunakan. Saat dicek, ada sosok bayi berjenis kelamin perempuan.

Saat ditemukan, kondisi bayi penuh dengan abu dan dalam kondisi hipotermia. Pada tubuh bayi juga banyak ditemukan luka lecet. Petugas Puskesmas 1 Lendah pun langsung membersihkan dan memberi perawatan kepada bayi dengan berat 2.300 gram itu.

“Kondisi bayi penuh dengan abu, hipotermi dan banyak luka lecet di sekujur tubuhnya. Kita bersihkan dan termoregulasi, kita jaga kehangatan tubuhnya. Kemudian kita ukur untuk menentukan kondisi bayi, berat bayi 2.300 gram termasuk Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) jadi harus dijaga dan kita usahakan untuk donor asi. Kondisi sudah membaik, SpO2 sudah bagus dan reflek hisap sudah baik,” tutur Ristra Widiya Murtri, Bidan Puskemas 1 Lendah.

Petugas Satreskrim bersama Unit PPA Polres Kulonprogo dan Polsek Lendah masih melakukan penyelidikan dan memeriksa beberapa saksi. Sedikitnya ada lima saksi yang telah diminta keterangan.

“Kami Satreskrim Unit PPA dan Polsek Lendah sedang melakukan serangkaian penyelidikan dengan berbagai saksi dan koordinasi dengan pihak medis. Untuk kondisi bayi saat ini aman dan ditangani puskesmas. Ada kurang lebih 5lima saksi yang kita mintai keterangan,” ucap AKP Dian Purnomo, Kasat Reskrim Polres Kulon Progo.

Usai dirawat di Puskesmas 1 Lendah, bayi kemudian dirujuk ke RSUD Wates untuk penanganan lebih lanjut. Sementara, kamar mandi dan jamban tempat pembuangan bayi telah dipasang garis polisi.

Petugas juga masih intensif melakukan pemeriksaan sejumlah saksi untuk mengetahui siapa orang tua yang tega membuang bayinya di jamban tesebut.

#penemuanbayi #lendah #kulonprogo
 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x