Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tahun Ajaran Baru, Replika Garuda Ramai Dipesan Sejumlah Sekolah

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 09:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Garuda merupakan lambang negara yang mencerminkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan kuat. Sudah sejak bertahun-tahun lamanya lambang garuda ini terpasang di sekolah-sekolah, gedung pemerintahan, dan di banyak tempat lain.

Pentingnya lambang garuda ini membuat perajin replika garuda di Dukuh Nglayang, Desa Klumprit, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, tak pernah sepi dari pesanan. Untuk satu bulan terakhir, pesanan yang datang naik berkali-kali lipat dari biasanya.

Di tahun ajaran baru sekolah seperti saat ini, pesanan mencapai ribuan buah. Padahal pada hari-hari biasa, penjualan tetap jalan meski hanya sedikit yaitu 50 sampai 100 buah. Pesanan yang datang berasal dari seluruh kota di Indonesia.

Untuk membuat replika garuda pancasila ini, Agus menggunakan bahan adukan dari resin, fiberglass, dan katalis yang dicetak. Satu cetakan sampai kering butuh waktu 15 menit.

Setelah padat, replika diambil dan digantung di dinding agar dingin. Selanjutnya diamplas, lalu diberi cat dasar kuning emas.

Usaha ini dibantu belasan orang yang bekerja secara lepas. Bahkan, di antaranya merupakan siswa SMA-SMK yang ikut membantu untuk mencari uang tambahan.

"Alhamdulillah permintaan di tahun ajaran baru ini meningkat sangat pesat. Permintaannya sekitar 1.000 sampai 5.000 garuda. Di hari biasa kita penjualannya hanya sekitar 50 sampai 100 garuda," ujar Intan, perajin replika garuda pancasila.

Dengan adanya usaha kerajinan replika garuda yang dijalankan keluarga, kampung ini bahkan memiliki julukan Kampung Pancasila yang ditandai gapura megah.

#garudapancasila #lambangnegara #ajaranbaru




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x